Lihat ke Halaman Asli

UCARE INDONESIA

Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Hindari Perbuatan Ini, Sebelum Datang Penyesalan!

Diperbarui: 27 Desember 2022   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: freepik.com 

Ada banyak sekali ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang dosa-dosa yang menyebabkan manusia masuk ke neraka, di antaranya adalah:

1. Syirik dan kufur kepada Allah SWT

Syirik merupakan dosa besar di mana Allah tidak akan menghukum pelakunya, jika dia tidak berjemur kepada Allah. Allah telah berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir, kepada mereka (pada hari Kiamat) diserukan, "Sungguh, kebencian Allah (kepadamu) jauh lebih besar daripada kebencianmu kepada dirimu sendiri, ketika kamu diseru untuk beriman lalu kamu mengingkarinya." (QS. Ghafir: 10)

Syirik atau menyekutukan Allah merupakan kejahatan terbesar dan dosa terburuk. Allah akan mencampakkan orang-orang yang berbuat syirik ke dalam neraka Jahanam, dan mereka kekal di dalamnya.

Abdullah bin Mas'ud ra pernah bertanya kepada Rasulullah saw, "Dosa apakah yang paling besar di sisi Allah?" Rasulullah saw bersabda:

"Bila engkau menyekutukan Allah, padahal Dialah yang menciptakanmu." (HR. Bukhari)

2. Tidak melaksanakan perintah Allah dan mendustakan hari akhir

Barang siapa tidak melaksanakan perintah Allah dan mengingkari adanya hari akhir, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka Saqar. Allah berfirman:

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian". (QS. Al-Muddassir: 42-47)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline