Lihat ke Halaman Asli

“Destinasi Wisata Indonesia” Kurang Publikasi Media

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Liburan sekolah sudah menjelang di depan kita. Biasanya, momentum ini sangat dinanti oleh para keluarga untuk menikmati kebahagian bersama. Tak mengherankan, jika tiket pesawat, kereta api sampai biro-biro perjalanan laris manis di musim liburan ini. Liburan sekolah seolah membawa berkah bagi para pengelola wisata baik domestik maupun luar negeri.

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat,berwisata sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Mulai dari wisata belanja, kuliner, budaya, wisata religi hingga wisata alam ternyata Indonesia lebih dari segalanya. Wisata belanja misalnya, Ibu Kota Jakarta banyak menawarkan lokasi belanja yang kompetitif untuk semua kalangan. Seperti Pasar Tanah Abang, pemda DKI kini telah mengubahnya dengan performamodern, tertata dan menarik untuk dikunjungi. Belum lagi pusat-pusat perbelanjaan (mall)yang bertebaran di berbagai penjuru wilayah ibu kota dengan design mutakhir dan barang-barang branded, sangat disayangkan jika kalangan berduitmelarikan devisa negara dengan menghabiskan liburan akhir tahunnya ke luar negeri.

Indonesia adalah negara kepulauan, tentunya wisata bahari menjadi rona pilihan bagi wisatawan dalam melepaskan kepenatan. Di pesisir Pulau Jawa bagian selatan maupun utara, menawarkan eksotika alam serta aneka budaya lokal yang secara magnetis mampu membuat decak kagum para pelancong. Belum lagi di kepulauan lain, seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan lainnya tentu memiliki karakteristik berbeda sesuai dengan kondisi geografis daerahnya.

Sayangnya, deretan destinasi wisata Indonesia yangberjejer dari Sabang sampai Meraukebelum sepopuler Bali. Padahalkeindahan alam wilayah tersebuttak kalah menariknya dengan Bali, provinsi yang terkenal di dunia dari pada negara Indonesia sendiri. Publikasi media memiliki andil yang cukup besar dalam menyebarluaskan pesona alam Indonesia. Media masa sangat ampuhdalammempromosikanpariwisata. Selain itu, peran pemerintah daerah dalam memajukan potensi wisata daerahnya melalui kebijakan anggaran maupun peraturan daerah yang secara konsisten dapat membawa dampak positif bagi perkembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Sungguh suatu berkah dan karuniaSang Maha Pencipta negara kita dihiasisegudang pesona alam yang memancarkan aura keindahan. Namun demikian,kalautidakdikelolanya dengan baik,danminimnya perhatian dari masyarakat domestik amatlah sisi-sia belaka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline