Asesmen anak usia dini yang valid menyajikan data perkembangan anak secara komprehensif, dengan uraian rinci tentang kelebihan dan kelamahan anak serta kejadian-kejadian yang sangat berarti dalam kehidupan anak. Jenis asesmen ini disebut dengan asesmen otentik.
Asesmen otentik merupakan prosedur asesmen yang mampu menghasilkan informasi dan data tentang perkembangan anak, termasuk anak usia dini, secara objektif karena didasarkan pada kemampuan-kemampuan actual yang ditampilkan anak. Dalam melakukan asesmen ini, pendidik dan anak bersama-sama melakukan asesmen, sehinggan kegiatan ini dapat mendorong anak untuk menggunakan kemampuan berpikir secara kritis.
Asesmen otentik bermanfaat untuk meluruskan tentang penggunaan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan asesmen dan evaluasi perkembangan hasil belajar anak, berdasarkan kompetensi atau actual yang dimilki anak sesuai dengan tujuan yang akan dicapai di kurikulum. Berbagai cara dapat dilakukan dalam pelaksanaan asesmen otentik diantaranya yaitu:
ØAsesmen Kinerja Tugas-tugas yang Bermakna
Untuk melakukan asesmen ini, anak diberi tugas kelompok dan bekerja secara kolaboratif untuk maslah-masalah yang kompleks, yang bersifat pemecahan maslah dalam jangka pendek.
ØPenelitian Singkat
Penelitian singkat banyak digunakan guru untuk menilai kualitas pemahaman penguasaan konsep dan skill dasar yang perlu dikuasai anak.
ØPertanyaan dan Respon
Dalam pelaksanaan strategi asesmen ini, guru meminta anak agar memberikan respon terhadap pertanyaan yang diajukan guru
ØPortofolio
Portofolio adalah cara yang digunakan untuk melakukan asesmen perkembangan anak usia dini. Portofolio berbentuk sajian-sajian yang merekam berbagai unjuk kerja atau bukti nyata dari hasil belajar anak usia dini. Asesmen dalam bentuk portofolio ini berguna bagi pengembangan kemampuan anak dalam menilai kemajuan dan kelemahan sendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H