Lihat ke Halaman Asli

Memahami Perkembangan Kognitif Siswa: Perspektif Psikologi Pendidikan

Diperbarui: 7 Desember 2024   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

rkembangan kognitif adalah aspek penting dalam dunia pendidikan, karena berkaitan langsung dengan kemampuan siswa untuk berpikir, memahami, dan memproses informasi. Melalui psikologi pendidikan, guru dapat memahami tahapan perkembangan kognitif siswa, sehingga metode pengajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Pengertian Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah proses perubahan dalam cara seseorang memperoleh, mengolah, dan menggunakan pengetahuan dari waktu ke waktu. Teori perkembangan kognitif yang paling dikenal adalah teori Jean Piaget, yang membagi perkembangan ini ke dalam beberapa tahap berdasarkan usia dan kemampuan berpikir siswa.

---

Tahapan Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget

1. Sensorimotor (0--2 Tahun):

Pada tahap ini, anak belajar melalui pengalaman langsung menggunakan pancaindra dan gerakan fisik. Contohnya, mereka memahami hubungan sebab-akibat, seperti menekan mainan yang berbunyi.

2. Praoperasional (2--7 Tahun):

Anak mulai menggunakan simbol seperti kata-kata dan gambar untuk merepresentasikan objek, meskipun mereka belum memahami logika abstrak. Pemikiran mereka cenderung egosentris, yaitu sulit melihat perspektif orang lain.

3. Operasional Konkret (7--11 Tahun):

Pada tahap ini, siswa mampu berpikir logis tentang benda nyata dan situasi konkret. Mereka mulai memahami konsep konservasi (contoh: jumlah air tetap sama meskipun bentuk wadah berubah).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline