Lihat ke Halaman Asli

Ku Ingin Guru Berubah!

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Inovasi-inovasi dalam pembelajaran selalu dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Inovasi pembelajaran itu sendiri merupakan suatu kebaruan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, pendekatan, sarana, dan suasana yang mendukung untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran harus menghasilkan proses belajar dan harus dapat mengaktifkan siswa untuk terlibat berfikir agar otak terus berkembang. Pembelajaran dikatakan mencapai titik optimal ketika guru dan siswa mempunyai intensitas belajar yang tinggi dalam waktu yang bersamaan.

Berbicara masalah pembaharuan pasti erat kaitannya dengan metode. Banyak bermuculan metode atau model pembelajaran seperti active learning, PAKEM dan lainnya, itu semua merupakan pengembangan dari teori-teori terdahulu yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan keaktifan siswa belajar dengan kesadarannya sendiri. Mengajar tidak hanya mementingkan aspek kognisi saja tapi juga mencakup afeksi dan psikomotorik siswa. Guru harus memberikan ruang kepada siswanya untuk aktif belajar dan memfasilitasinya agar siswa dapat mengaktualisasikan dirinya dengan belajar, sehingga akan menumbuhkan kreatifitas siswa. ha tersebut akan berdampak pada kemampuannya memecahkan suatu permasalahannya dengan daya kreatifnya. Seorang guru harus bisa memahami gaya belajr setiap siswanya dan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar mereka.

Sudah saatnya guru mengubah gaya pembelajarannya dari yang konvensional menjadi lebih kreatif. Seharusnya sudah bukan zamannya lagi guru memberikan pertanyaan kepada siswa dengan kata kerja seperti "apa", "jelaskan", "sebutkan", hal tersebut sangat tidak efektif karena hanya mengandalkan hafalan siswa bukan pemahamannya terhadap suatu materi. sudah saatnya dalam memberikan pertanyaan guru menggunakan kata kerja seperti "mengapa", "bagaimana", "seperti apa penerapannya", dan "menurut pendapat anda". Pertanyaan dengan kata kerja seperti itu siswa akan terpacu untuk aktif berfikir dan kreatif mencari jawaban sesuai dengan pemahamannya terhadap materi tertentu. Dengan pembelajaran seperti itu tidak hanya mengembangkan otak kirinya tapi juga otak kanannya, yang merupakan pusat berfikir kreaif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline