Lihat ke Halaman Asli

Layla Fatimah

Mahasiswi jurusan Biologi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia

Diperbarui: 26 April 2021   02:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Batik merupakan salah satu bentuk karya seni kuno adiluhung, kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan malam (lilin) yang diaplikaskan keatas kain sehingga menahan masuknya pewarna (dye) atau dalam bahasa Inggris "wav resist dyeing".
          Asal muasal batik sendiri belum jelas masih misteri dan masih diperdebatkan meskipun kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa. Pada tahun 1516 ditemuksn catatan-catatan yang tertulis didalamnya mengenai ekspor batik dari Jawa ke Malabar lalu disusul ditemukan catatan pula pada tahun 1518. Didalam catatan tersebut tertulis mengenai kain-kain diwarnai indah yang disebut tulis (bahasa Jawa) yang dalam bahasa Indonesia pun berarti tulis. Pada zaman dahulu batik hanya digunakan oleh para bangsawan, dan orang-orang disekitar keraton. Namun pada saat ini batik sudah banyak yang menggunakan baik dalam negri maupun luar negri. Sejarah batik memang dominan di pulau Jawa, batik Jawa terkenal sangat interface yang berarti memiliki kerumitan tinggi dalam hal motif dan pewarnaan. Batik Jawa sangat terkenal akan motifnya. Batik-batik Jawa memiliki motif yang kental akan filosofi hidup.
          Kreativitas pada seni batik tidak hanya berkutat pada budaya lokal atau budaya Jawa saja melainkan bertemu atau bersentuhan dengan budaya luar seiring dengan, terjalinnya hubungan perdagangan dengan negara lain.
          Batik merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia saat ini. Batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang cukup unik. Secara etimologi batik merupakan rangkaian dari kata ngembat dan tik, yang artinya melempar berkali-kali dan titik, namun adapula yang mengatakan bahwa batik berasal dari kata Amba yang artinya lebar maksudnya kain yang lebar dan kata titik, jadi bisa disimpulkan bahwa batik adalah titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian sehingga menghasilkan pola-pola yang indah. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, batik memiliki arti kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menulis atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahan nya di proses dengen cara tertentu.
          Ada 3 cara dalam proses pembuatan batik. Yang pertama yaitu batik yang proses pembuatanya dengan cara ditulis langsung secara manual dengan menggunakan tangan dengan alat bantu bernama "canting" untuk menerakan malam pada kain. Proses pembuatan batik ini tidak mudah, karena seseorang yang membuatnya harus memiliki kesabaran dan nug ketelitian yang tinggi. Motif yang nantinya akan dihasilkan tidak akan bisa sama persis dengan kain batik yang lainnya, karena kerumitannya ini lah harga batim tulis sangat tinggi atau mahal. Lalu ada batik cap, batik ini dibuat Dnegan cara dicap atau semacam stampel . Alat ini berfungsi menggantikan canting, sehingga mempersingkat waktu, namun tentu saja harganya tidak akan semahal batik tulis, Karena bagi ini di nilai kurang memiliki seni. Yang terakhir ada batik lukis, batik ini dibuat dengan melukis motif menggunakan malam pada kain putih, pembuatanya pun tidak terpaku pada  motif batik,.namun sesuai keinginan pelukisnya. Batik ini juga mempunyai harga yang cukup mahal, karena tergolong ekslusif dan dalam jumlah terbatas.
          Saat ini batik sudah cukup banyak dipakai oleh masyarakat umum, tidak lagi hanya dipakai oleh orang-orang keraton atau kerajaan. Karena batik sudah mudah didapat di manapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline