Lihat ke Halaman Asli

Maraknya Polusi Menyebabkan Banyak Masalah Kesehatan, Yuk Cegah!

Diperbarui: 26 Juni 2024   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

polusi udara adalah salah satu masalah lingkungan dimana udara menjadi tidak sehat dan kotor. Polusi udara juga merupakan salah satu masalah lingkungan yang cukup parah saat ini sehingga berdampak pada kesehatan manusia. Dampak polusi udara bagi kesehatan manusia adalah pneumonia, kanker paru paru, tuberkulosi, hingga asma, selain penyakit pada sistem pernafasan polusi udara juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kemerahan.

Dampak negatif polusi udara pada hewan hampir sama dengan pada manusia yang sama sama menimbulkan penyakit pernapasan . Polusi udara juga dapat mengganggu keseimbangan lingkungan khususnya pada tumbuhan yang dapat mengganggu pola hidup mereka. Beberapa contoh kerusakan tumbuhan akibat polusi udara di antaranya adalah gangguan respons fotosintesis, menurunnya hasil kebun, dan zat hijau daun yang rusak.

Terdapat banyak sekali penyebab terjadinya polusi udara, yang selain disebabkan oleh ulah manusia ada pula yang berasal dari bencana alam, diantara lain adalah sebagai berikut:

1. Gunung meletus

Saat meletus gunung berapi mengeluarkan abu vulkanik (yang biasa disebut sebagai hujan abu), gas beracun, pasir, dan material berbahaya lainnya. Hasil letusan tersebut akan mencemari lingkungan, seperti contohnya pada hujan abu gunung kelud yang meletus pada 2014 silam dimana hujan abu itu tidak hanya menyebar di daerah Kabupaten Blitar tapi juga menyebar di kota kota lain di sekitarnya. 

2. Kebakaran Hutan atau lahan

Kebakaran hutan atau lahan yang tidak disengaja maupun disengaja dapat menimbulkan asap yang pekat dan dapat mencemari udara yang dapat mengganggu kesehatan seperti sesak napas.

3. Kendaraan bermotor

Zat zat hasil dari kendaraan bermotor yang berupa karbonmonoksida, nitrogenoksida, dan volatil dapat mencemari udara yang bisa mengganggu sistem pernapasan dan merusak lapisan ozon. 

Setelah melihat dampak dan penyebabnya pasti kita ingin tau kan bagaimana cara mencegah polusi udara tersebut agar tidak semakin banyak, berikut merupakan berbagai cara untuk mencegah polusi udara.

1. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline