Lihat ke Halaman Asli

Mencoba Keterampilan Baru Di Masa Liburan

Diperbarui: 6 Januari 2023   08:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Ilmu saat ini adalah teknologi masa depan." -Edward Teller

Belum lama ini, kita baru saja menjalani liburan natal dan tahun baru 2023. Apakah kamu berlibur? Mungkin keluar kota? Atau bahkan ke luar negeri? Menurut sebuah penelitian, tahun ini, sebanyak 16,35% penduduk memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru mereka untuk melakukan perjalanan. Tak heran juga jika penumpang di bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami peningkatan 45%.

Saat ditanyakan "apa itu liburan menurutmu?" berberapa orang mungkin akan menjawab hari dimana bisa melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan diaktivitas kita sehari-hari atau mungkin hari dimana tidak ada hal yang menghalangi waktu bangun tidur kalian. Jika kita lihat dari KBBI, liburan memiliki arti bebas dari bekerja atau masuk sekolah.

Sebagian besar anak sekolah saat sedang menjalankan waktu liburannya akan pergi bersama orang tua dan kerabatnya ke tempat-tempat wisata untuk bersenang-senang bersama. Namun apakah pernah terpikirkan bahwa liburan adalah waktu untuk membantu orangtua?

Seorang murid di Purwakarta memilih untuk tidak berlibur, melainkan liburannya tersebut dimanfaatkan untuk membantu ayah dan ibunya bekerja di sebuah sawah. Disaat orang lain menjalankan liburannya dengan bersenang-senang, ia memilih untuk membantu dan mengasah keterampilannya dalam menanam padi.

Penting bagi kita masyarakat menyadari, bahwa liburan ini bukan hanya digunakan untuk bersenang-senang. Memang benar, liburan merupakan waktu dimana kita bisa bebas untuk bersenang-senang. Namun, alangkah baiknya jika liburan bisa kita gunakan untuk mempelajari keterampilan dan hal-hal baru. Seperti memasak, menjahit, memainkan alat music, dll. Dengan belajar hal baru bisa saja keterampilan atau hal-hal baru yang dipelajari tersebut bisa berguna bagi masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline