Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Undip Sosialisasikan Aplikasi PrimaKu sebagai Pengingat Jadwal Imunisasi Anak untuk Mendukung KEJAR dan BIAN

Diperbarui: 31 Agustus 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kab. Semarang (19/8/2022). Kelengkapan imunisasi anak serta pelaksanaan imunisasi yang bertahap kerap membuat orang tua lupa akan jadwal imunisasi anak mereka. Padahal jadwal imunisasi biasanya sudah terangkum dalam buku KIA, namun tidak semua orang tua selalu memantau bahkan kehilangan buku tersebut.

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP x UNICEF dengan tema "Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022” melakukan sosialisasi kepada para orang tua balita di Desa Leyangan, Ungaran Timur terkait jadwal imunisasi anak dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi PrimaKu yang diluncurkan oleh IDAI.

Sosialisasi penggunaan PrimaKu sebagai aplikasi pengingat jadwal imunisasi dikemas dalam bentuk leaflet untuk memudahkan sasaran untuk menerima dan memahami informasi yang diberikan karena dilengkapi uraian yang menggambarkan aplikasi tersebut. Penggunaan aplikasi PrimaKu ini sangat mudah dilakukan, dengan mendownload aplikasi pada playstore/Appstore, melakukan registrasi, melengkapi data orang tua dan anak, kemudian orang tua dapat mengakses fitur-fitur yang ada dalam Primaku.

Dokpri

Pada aplikasi ini, orang tua dapat mencatat jenis imunisasi yang sudah didapatkan oleh anaknya, waktu imunisasi tersebut dilakukan, serta memantau imunisasi apa saja yang diperlukan anak hingga umur 18 tahun. Aplikasi ini gratis, praktis, dan fleksibel, jadi Ketika orang tua lupa jadwal imunisasi tinggal buka aplikasi ini saja sudah lengkap semua informasi tertera di aplikasi PrimaKu. Selain itu, PrimaKu juga memiliki fitur lain untuk memonitor pertumbuhan, perkembangan, konsultasi dengan dokter anak, dan terdapat komunitas.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi PrimaKu yang diluncurkan oleh IDAI, dapat meningkatkan upaya untuk memaksimalkan imunisasi anak secara lengkap sesuai jadwal dan kebutuhan anak sesuai umur.

Penulis : Laurentia Bulan Sabatina/Teknik Elektro/Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing:
1. Dr.Cahya Tri Purnami., SKM.,M.Kes
2. Dra. Ana Irhandayaningsih M.Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline