Lihat ke Halaman Asli

Laurencia Livia

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AtmaJaya Yogyakarta

Pentingnya Penulisan Digital di Era Digital Saat Ini

Diperbarui: 7 September 2021   08:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.google.com

Saat ini, masyarakat dunia sudah memasuki era digital, dimana internet menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tentu saja, era digital saat ini mempermudah masyarakat dalam segala lini kehidupan. 

Lalu, mengapa penulisan digital saat ini menjadi hal sangat penting? Yuk kita simak artikel yang satu ini untuk mengetahui seberapa pentingnya penulisan digital pada era digital ini.

Jika berbicara mengenai digital dan internet, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat ini, digital dan internet menjadi teman setia kita dalam menjalani kehidupan. 

Tanpa internet dan digital, masyarakat akan kehilangan banyak sekali informasi mengenai dunia ini. Internet dan digital juga mengubah beberapa pola atau gaya hidup manusia, seperti online shopping, e-commmerce, sosial media, dan hal-hal yang berbau online lainnya.  

Berubahnya gaya hidup masyarakat membuat penulisan secara digital menjadi suatu hal yang penting. Saat ini, rata-rata masyarakat mengakses segala informasi melalui internet, seperti berita online, buku-buku online, cerita pendek online, dan hiburan lainnya. 

Maka dari itu, bagaimana seseorang dapat mengemas dan menyajikan sebuah informasi secara online agar menarik, informatif, dan faktual menjadi hal yang sangat penting. 

Apa itu penulisan digital?

Penulisan digital merupakan sebuah produksi teks dengan menggunakan komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. Lebih dari itu, penulisan digital merupakan sebuah transformasi dari cara menulis, dimana internet berperan besar dalam menyimpan, mendistribusikan, dan membagikan komposisi digital (DeVoss, Aadahl, & Hicks, 2010, h. 7). 

Dalam penulisan digital, seseorang perlu memiliki keterampilan dalam tiga aspek, yaitu aspek fungsional, aspek kritis, dan aspek retoris.

  • Aspek fungsional berkaitan dengan penyimpanan file, ruang penyimpanan file dan juga transfer file. Selain itu juga membantu dalam memahami anatomi teks digital, seperti coding, scripting, dan database

  • Aspek kritis berkaitan dengan aspek teknis dari teknologi dan media yang digunakan, keterampilan menulis secara digital; mengarang, mengedit, dan merevisi tulisan dengan grafik, teks, suara, dan gambar.

  • Aspek retoris berkaitan dengan kemampuan untuk mengatasi komplikasi retoris dan implikasi teks dari kertas ke digital, menentukan dimensi virtual seperti email, halaman web, dan media lainnya untuk menerbitkan tulisan.  
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline