Lihat ke Halaman Asli

Laurencia Violitta

Seorang mahasiswa

Peran Influencer dalam Dunia Digital Marketing

Diperbarui: 25 Desember 2022   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil kuisioner

Di Era kemajuan teknologi saat ini banyak membawa perubahan dalam kehidupan kita termasuk dalam kehidupan kita sehari -- hari yang sekarang mungkin susah untuk lepas dari kecanggihan teknologi. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa penggunaan ponsel pintar atau smartphone mencapai 167 juta orang atau 89 persen dari total penduduk di Indonesia.  Selain dalam kehidupan sehari -- hari, kemajuan teknologi ini juga membawa dampak untuk dunia marketing yaitu adanya bidang digital marketing. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi semakin banyak peluang yang tercipta di dalam dunia digital yang bisa digunakan. Hal ini dimulai dari banyaknya orang -- orang yang mulai berjualan lewat sosial media yang digunakan dan kemudian terciptalah beberapa marketplace. Dengan adanya peluang ini maka dunia marketing pun tidak boleh tertinggal dalam peluang ini dan salah satu dari strategi digital marketing adalah menggunakan influencer.

Influencer sendiri memiliki pengertian yaitu orang yang memiliki banyak followers dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi followersnya. Sebenarnya jika dijaman dulu itu lebih ke artis atau aktor yang terkenal untuk mempengaruhi konsumen maka di zaman modern ini lebih ke selegram, blogger, youtuber atau orang -- orang yang memiliki banyak followers di sosial medianya.

Influencer yang dibutuhkan dalam strategi digital marketing haruslah memiliki engagement rate yang tinggi, memiliki konten dan reputasi yang baik dan memiliki followers dengan target pasar yang ingin dicapai dan sesuai dengan budget yang ditetapkan oleh perusahaan.

Peran Influencer marketing untuk digital marketing yaitu membuat konten yang baik dan dapat mencapai target pasar yang ingin dicapai dan membahas kelebihan produk yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Keuntungan yang akan didapat dalam bisnis / usaha yang mengunakan influencer adalah

  • Produk lebih cepat dikenal oleh konsumen
  • Membangun kedekatan dengan konsumen
  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Menaikan omset penjualan dan cenderung balik modal
  • Membuat konsumen lebih percaya pada produk tersebut

Saya sendiri sempat membagikan kuisioner skala kecil yaitu ruang lingkup penulis sendiri dan terdapat 53 responden dengan tema keputusan dalam membeli produk saat melihat review produk yang dilakukan oleh influencer.

Dari hasil kuisioner dapat disimpulkan bahwa setidaknya 54.7% pernah sesekali membeli produk karena review dari influencer. Saya sendiri memiliki pengalaman yaitu pada saat akan membeli smartphone, saya melihat review produk tersebut dari seorang youtuber Indonesia yang cukup terkenal dalam membahas gadget dan hal tersebut cukup mempengaruhi keputusan saya saat akan membeli smartphone baru.

Dari pengalaman dan kuisioner ini dapat disimpulkan bahwa peran influencer sangat penting dalam dunia digital marketing di era kemajuan teknologi saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline