Lihat ke Halaman Asli

TIPS MEMPERPANJANG UMUR MESIN CUCI

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mesin cuci Laundry cepat rusak ?

Merawat mesin cuci Laundry memang gampang-gampang susah. Apalagi bisnis Laundry kiloan yang banyak menggunakan mesin-mesin Laundry rumah tangga. Jangka waktu penyusutannya pun menjadi jauh ber kurang. Sebenarnya kalau tahu cara perawatan mesin cuci Laundry yang tepat, maka bisa memperpanjang umur mesin cuci Laundry kita, sehingga biaya operasional untuk service bisa di tekan,

Mau tahu cara perawatan mesin cuci Laundry yang tepat ? simak beberapa tips di bawah ini:


  1. Gunakan deterjen yang benar .Untuk mesin cuci laundry bukaan depan (front load) harus menggunakan deterjen yang rendah busa. Terlalu banyak busa bisa menimbulkan kotoran dan kerak, yang berpotensi membuat komponen elektronik mesin cuci rusak. Peru diwaspadai juga detergen home industry yang tidak pas komposisi kandungan kimianya. Gunakan detergen pabrikan untuk hasil yang kebersihan yang konsisten seperti detergen Spartan yang rendah busa, komposisi kimia jelas, aman untuk lingkungan, daya bersih kuat dan yang paling penting adalah anti kerak mesin.
  2. Bersihkan mesin cuci laundry setelah digunakan. Bagian yang harus dibersihkan yaitu tempat sabun, saluran buang mesin dan body mesin cuci laundry. Biasanya saluran buang ini sering tersumbat sisa-sisa kain, kancing dan kotoran-kotoran hasil cuci. Keringkan tabung bagian dalam dan karet-karet mesin cuci laundry. Setelah dibersihkan buka pintu mesin cuci laundry. Jangan membiarkan mesin cuci dalam keadaan lembap dalam waktu yang lama.
  3. Penempatan yang tepat . Tempatkan mesin cuci laundry pada posisi yang datar dan terhindar dari genangan air, panas matahari secara langsung. Panel-panel listrik yang terdapat di mesin cuci laundry rawan terhadap percikan air. Panas matahari secara langsung dapat merusak body mesin cuci laundry.
  4. Pelajari buku manual cara penggunaan mesin cuci laundry. Hal ini penting untuk mengetahui cara penggunaan mesin cuci secara tepat. Kesalahan penggunaan bisa mengakibatkan kerusakan bahan yang sedang dicuci. Misalnya saja cara mencuci untuk sutra jika dioperasikan pada program cuci jeans akan merusak bahan. Jika tidak memahami penggunaan mesin cuci secara besar dapat menyebabkan kerusakan mesin cuci laundry secara permanen.

Perawatan mesin cuci secara tepat, menghemat biaya service untuk mesin-mesin cuci Laundry anda. Selamat mencoba.

www.laundryplasa.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline