Lihat ke Halaman Asli

BPKP Vs. Kaum Miskin

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama dua minggu Korkot Sukoharjo mendapatkan kunjungan BPKP, SNVT dan tamu penting lainya. Sebelumnya ada juga tamu BPKP with join Inspektorat Kabupaten Sukoharjo juga melakukan audit terhadap BKM kabupaten Sukoharjo. Inilah bulan kunjungan dan audit di jajaran korkot Sukoharjo.

PNPM Mandiri Perkotaan di Kabupaten Sukoharjo sudah melakukan kegiatan sejak 2005 yang dulu bernama P2KP. Ada beberapa BKM yang sejak 2005 belum pernah mendapatkan kunjungan BPKP, maka Korkot memberikan data ke pihak BPKP terkait untuk melakukan misinya yaitu mencari temuan terkait dengan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang dilakukan oleh tridaya antaranya Lingkungan, Sosial, dan Ekonomi.

Kunjungan pertama dilakukan di BKM Kriwen Makmur Kelurahan Kriwen Kecamatan Sukoharjo kabupaten Sukoharjo, BKM tersebut sejak berdiri tahun 2006 belum pernah dikunjungi BPKP.“Selama 2 Tahun saya menjadi faskel disini belum pernah dikunjungi BPKP, semoga dengan kunjungan ini BKM bisa mempersiapkan segala admisitrasi serta kegiatan yang ada dilapangan khususnya lingkungan karena banyak yang mendapatkan dana BLM.” Ujar Muhammad Latif Burhani, ST (Faskel Infra)

Tidak berbeda dengan apa yangdisampaikan oleh Koordiantor BKM Kriwen Makmur Basri, S.Pd “ Saya sangat senang karena kunjungan BPKP mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan bertahun-tahun secara administrasi dan lapangan apakah sudah benar, serta tidak ada penyelewengan tentang dana BLM, jadi semacam intropeksi diri dalam hal evaluasi program. Dan untuk masalah-masalah yang selama ini terjadi di BKM Kriwen Makmur tentang kasusnya mantan Sekretaris yang menyelewengkan uang dari angsuran KSM ekonomi juga bisa diselesaikan oleh BPKP.” “Harapan saya dengan adanya BPKP ini dapat menghukum jera pada kasus itu dan bisa terselesaika, karena BKM dan Korkot sudah tidak mampu mengatasinya karena sulitnya persoalan yang BKM hadapi,” tambahnya.

Tim 25 Kecamatan Sukoharjo sangat senang dalam menghadapi kunjugan BPKP, hal ini tercermin dari semangat BKM untuk melakukan kegiatan persiapan dalam menghadapi kunjugan BPKP. “Sangat salut kepada BKM khusunya BKM Mesra Kelurahan Bulakan Kecamatan Sukoharjo yang telah bersama-sama secara kompak untuk melakukan persiapan ini yang setiap hari setelah kerja tidak hentinya untuk melakukan kegiatan lembur untuk mempersiapkan kunjungan BPKP. Ada yang menarik dari BKM yaitu kunjungan BPKP disini diperlakuka dengan istimewa seperti spanduk ucapan selamat datang dan makan siang dengan model prasmanan layaknya seperti resepsi manten. Tetapi tidak meningalkan apa yang memang jadi kewajiban BKM sebagai pengemban amanah masyarakat,” kata Latif Safruddin, SE (faskel MK)

BPKP hanya menemukan beberapa temuan administrasi yaitu pembenahan sederhana dan komitmen para pelaku KSM dalam memelihara pekerjaan kegiatan Lingkungan dan beberapa kegiatan Ekonomi dan Sosial. Ketika berkunjung ke BKM Mesra Kelurahan Bulakan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo untuk BPKP.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline