Lihat ke Halaman Asli

Latifah Wulandari

Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Tabligh Akbar dan Festival Anak Sholeh di Desa Karya Maju, Langkat

Diperbarui: 12 September 2024   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1 Tabligh Akbar dan Festival Anak Sholeh/dokpri

Desa Karya Maju, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, menjadi tuan rumah kegiatan Tabligh Akbar dan Festival Anak Sholeh pada Minggu, 26 Agustus 2024. Acara ini merupakan bagian dari program utama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan yang bertujuan mempromosikan moderasi beragama, menyatukan masyarakat dalam kerangka toleransi suku dan budaya, serta mempererat ukhuwah.

Tabligh Akbar yang diadakan di desa ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Tokoh agama desa, Ustad Fakhruddin, turut hadir dalam acara tersebut. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Dusun Karya Maju, Pak Ibnu Hajar, mewakili Kepala Desa yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Pak Ibnu Hajar menyampaikan, "Kami sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Selain menambah referensi dan ilmu baru, acara ini juga memberikan pengalaman baru dengan penggunaan dua bahasa oleh MC, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, yang belum pernah ada sebelumnya di desa ini. Kami juga mengapresiasi perlombaan yang diadakan untuk anak-anak desa, yang semakin memotivasi mereka untuk belajar."

Gambar 1.2 - Kata sambutan oleh Kadus, pak Ibnu Hajar/dokpri

Selanjutnya, Ketua Panitia, Surya Ramadhan, dan Ketua KKN 160 UINSU, Muhammad Ikhsan, mengungkapkan rasa terima kasih serta permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan acara.

Acara inti berupa ceramah disampaikan oleh Al Ustadz Ahmad Rusdi Al-Banjari, S.Pd.I., M.Pd. Beliau mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ia banyak mengisi ceramah untuk kegiatan mahasiswa KKN.

Gambar 1.3 - Ceramah Ustadz/dokpri

Sebagai bentuk penghargaan, diberikan sertifikat dan cenderamata kepada BKM Masjid Nurul Insan dan Ustad Abdul Halim, S.Pd.I.

Gambar 1.3 - Penyerahan sertifikat untuk BKM Nurul Insan/dokpri

Gambar 1.5 - penyerahan sertifikat untuk Desa Karya Maju/dokpri

Gambar 1.6 - penyerahan sertifikat untuk Ustadz/dokpri

Di akhir acara, mahasiswa KKN mempersembahkan musikalisasi puisi yang mengharukan sebagai penutup kegiatan. Mereka juga membagikan hadiah untuk lomba Festival Anak Sholeh yang diadakan sehari sebelumnya, pada 25 Agustus 2024. Lomba tersebut meliputi empat kategori: baca surah, adzan, mewarnai, dan fashion show.

Lomba adzan/dokpri

Lomba mewarnai/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline