Lihat ke Halaman Asli

Latifah Rokhim

Mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Alma Ata.

Menjadikan Tulisan sebagai Bisnis

Diperbarui: 25 November 2021   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Bisnis merupakan usaha ataupun kegiatan komersial dalam hal perdagangan dengan tujuan mendapatkan laba. Kegiatan ini melibatkan proses pembuatan, pembelian, penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa. 

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan, gagasan, informasi atau cerita pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media berbentuk kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Tulisan yang ditulis penulis merupakan jembatan komunikasi antara penulis dan pembaca sehingga baiknya tulisan tersebut dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.

Berbicara bisnis, bisakah menjadikan tulisan sebagai bisnis? Sangat jarang terlintas di benak banyak orang akan inspirasi bisnis ini. Oleh karena itu, bisnis tulisan menjadi bisnis tidak biasa. 

Modal dari bisnis ini sangatlah terjangkau yaitu kemampuan menulis, konsistensi, dan juga perangkat dan koneksi internet yang memadai. Strategi untuk bisnis ini dapat dilakukan dengan memperbanyak membaca atau hal lainnya yang dapat memperluas wawasan, mengendalikan mood menulis agar konsisten, memotivasi diri untuk menuliskan, serta memperbanyak relasi di bidang kepemilikan.

Berikut contoh inspirasi peluang bisnis untuk penulis:

1. Blogger

Di masa kini, ada banyak cara mempublikasikan tulisan, salah satunya dengan menggunakan blog. Bentuk tulisan apapun dapat dipublikasikan lewat blog, apalagi jika blog tersebut blog pribadi, kamu dapat bebas menulis apapun. Agar dapat membuat blog yang menarik diikuti, sebaiknya konsisten pada satu tema, misalnya blog yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan literasi. Biasanya penghasilan blog berasal dari setiap iklan yang diklik pembaca di blog tersebut.

2. Content writer

Pekerjaan ini biasanya dilakukan penulis proporsional untuk membuat konten-konten tertulis yang dipublikasikan di internet. Namun, seorang content writer bukan hanya seputar menulis tapi juga mengelola konten.

3. Penulis naskah 

Penulis naskah memiliki peran penting dalam industri perfilman dan periklanan. Penulis naskah ini memiliki tujuan membuat tahapan, langkah-langkah atau alur cerita atau konten yang akan dijadikan video atau film. Untuk mengembangkan bisnis ini, sebaiknya menjalin kerjasama pada rumah produksi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline