Lihat ke Halaman Asli

Latifah Maurinta

TERVERIFIKASI

Penulis Novel

Jangan Berteman dengan Pengadu

Diperbarui: 2 Agustus 2018   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di mata teman-teman satu divisinya, Silvi gadis introvert. Ia tertutup dan tidak dekat dengan siapa pun. Silvi sangat tertutup untuk urusan pribadinya.

Puncaknya Silvi pernah berbuat kesalahan pada teman-temannya. Bukannya bertanya baik-baik dan saling meluruskan, teman-teman Silvi malah mengadukannya pada pimpinan. Sang pimpinan yang emosional dan perfeksionis, memaki-maki Silvi. Ia memarahi Silvi. Lebih jauh lagi, kesalahan Clarissa akan dilaporkan pada pemegang kebijakan di kantor. Terus saja teman-temannya bicara buruk tentang Silvi di belakang.

Praktis Silvi tertekan. Dia enggan berbaur dengan semua rekan divisinya. Tekadnya bulat. Silvi tak mau lagi berteman dan mempercayai mereka. Sebab mereka telah menjadi pengadu dan tega bicara buruk tentangnya di belakang.

Di luar dugaan, ternyata komisaris utama perusahaan tempat Silvi bekerja sangat perhatian padanya. Komisaris utama berparas tampan itu bernama Calvin. Di saat semua orang di perusahaan membencinya, Calvinlah yang selalu ada. Calvin hadir seperti malaikat yang selalu membela dan melindungi Silvi.

Sayangnya, kebaikan Calvin dibalas luka. Silvi menolak semua kebaikan, perhatian, dan cinta kasih sang komisaris. Sebaliknya, ia terus saja melukai Calvin agar Calvin jera dan membencinya. Tetapi apa reaksinya? 

Calvin justru merahasiakan semua luka yang ditimbulkan Silvi. Bisa saja ia sebarkan kelakuan buruk Silvi ke seluruh perusahaan dan memecatnya. Namun Calvin tak melakukannya. Ia tetap menyayangi dan mencintai Silvi setulus hati. Luka-luka akibat perbuatan Silvi pun ia rahasiakan dari siapa pun.

Nah, gimana Kompasianers? Calvin keren kan? Ups...bukan, maksudnya soal mengadu dan tidak mengadu itu. Kasus Silvi membuat Young Lady teringat salah satu bab dalam novel Harry Potter and The Order of Phoenix. 

Masih segar jalan ceritanya di ingatan Young Lady cantik. Bab ke27, judulnya Centaurus dan Si Pengadu. Dalam bab itu, diceritakan Harry Potter dan teman-temannya harus lari dari kejaran Profesor Umbridge yang sudah tahu kegiatan rahasia mereka. Rupanya ada yang mengadu dalam grup Laskar Dumbledore. Sampai akhirnya, terungkaplah siapa si pengadu.

Berbahaya bila memiliki orang bermental pengadu dalam sebuah grup. Mental pengadu membuat pelakunya rawan dengan fitnah, adu domba, dan menjebak orang lain dalam kesulitan. Mengadu seperti dua sisi mata pisau.

Mengadukan tindak kejahatan orang lain ke pihak berwajib itu baik. Bahkan diharuskan. Jangan sampai orang menyembunyikan, melindungi, atau membiarkan kejahatan. Tujuan mengadukan perilaku kriminal untuk ditindaklanjuti dan diminimalisir risikonya.

Namun, bila mengadukan kesalahan yang sebenarnya bukan kesalahan, dan bertujuan menjatuhkan orang lain, itu tidak baik. Terlebih mengadukan aib orang lain, membongkarnya disertai dengan bumbu-bumbu fitnah. Pernah dengar fitnah lebih kejam dari pembunuhan? Well, that's right.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline