Lihat ke Halaman Asli

Latifah Maurinta

TERVERIFIKASI

Penulis Novel

Mengalah, Tanda Kebesaran Jiwa

Diperbarui: 27 Januari 2018   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kompasianer, sedih itu wajar kan? Apa lagi sedih ketika impian lama kita terpaksa harus dilepaskan, padahal ada kesempatan di depan mata. Young Lady cantik baru saja mengalaminya.

Ceritanya begini. Suatu keberuntungan karena Young Lady bisa berhubungan baik dengan beberapa dosen. Yah, mungkin lantaran pernah mengikuti Mahasiswa Berprestasi tahun lalu. So, lebih gampang diingat dan dikenal dibandingkan kebanyakan mahasiswa lainnya. Pokoknya, bedalah mahasiswa yang ada nilai plusnya dibandingkan yang biasa-biasa saja. Terasa kok perbedaannya. Dan Young Lady tidak ingin jadi mahasiswa biasa. Sebaliknya, ingin menjadi mahasiswa yang tidak biasa. Tidak biasanya dalam arti positif ya. Menjadi tidak biasa agar lebih mudah diingat dan dikenang. Bukankah orang-orang yang tidak biasa dan punya ciri khas yang lebih cepat terkenal?

Nah, karena hal itu, Young Lady dapat informasi khusus yang tidak dishare ke semua mahasiswa. Hanya pada mahasiswa tertentu saja, Young Lady cantik itu termasuk di antaranya. Sebuaah informasi datang. Sebuah kesempatan hadir di depan mata.

Ya, kesempatan emas itu tak lain program student exchange. Wow, wow, wow, pertukaran mahasiswa! Ini yang sudah lama ditunggu dan dicari-cari Young Lady! Oh my God!

Informasi tentang program pertukaran mahasiswa itu tidak dishare di grup kelas dan angkatan. Young Lady mendapatkannya langsung dari dosen, berikut teknisnya. Eksklusif, khusus untuk yang jelas-jelas berhak, dan tidak untuk kebanyakan yang lain.

Seperti Gitta Guttawa dalam lagunya, hati yang berbunga. Hati Young Lady pun berbunga. Sudah cantik, ditambah lagi dengan berseminya bunga-bunga bahagia. Tambah cantik kan?

Ini kesempatan yang sudah lama ditunggu selama 2 tahun. Ini impian lama Young Lady cantik. Ah, indahnya impian lama itu sudah ada di depan mata.

Sayang sekali...dengan sangat berat, impian lama itu harus dilepaskan. Karena apa? Karena adanya benturan kepentingan lain. Young Lady tidak bisa pergi mengikuti program student exchange. Mana mungkin Young Lady pergi, di saat keluarga tengah sibuk mempersiapkan pesta pernikahan selama beberapa bulan ke depan?

Finally, impian lama itu harus dilepaskan. Kesempatan yang manis tak jadi direguk. So sad.

Benar kata Rossa di lagunya. Sakit, namun aku bahagia. Seperti itulah hati Young Lady sekarang. Hati terasa sakit lantaran kehilangan kesempatan menggapai mimpi, namun bahagia karena bisa mengalah. Belajar berkorban untuk orang lain.

Hati yang cantik ini tak lagi berbunga, tapi sedikit berdarah. Tapi sudahlah, ini bukan rezeki. Mungkin memang waktunya bagi Young Lady cantik untuk mengalah. Mengalah demi anggota keluarga yang akan menikah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline