Saat Pandemi Covid-19 menyebar diseluruh belahan dunia termasuk di Indonesia, maka segala aktivitas yang kita lakukan dibatasi untuk mencegah penyebaran virus corona di semua negara, khususnya Indonesia. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin agar penyebaran virus corona dapat segera diatasi dan tidak ada lagi korban yang terkena virus ini, karena virus ini tergolong virus yang berbahaya dan dapat menular dari orang ke orang. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan sejumlah kebijakan yang harus dipatuhi oleh masyarakat, langkah awal yang dilakukan adalah dengan menerapkan lockdown dan kita juga dianjurkan untuk melakukan karantina fisik terhadap daerah-daerah yang sudah masuk zona bahaya atau red zone.
Karena menjaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya dan menghindari perkumpulan atau tempat ramai juga merupakan salah satu upaya untuk mengurangi resiko tertular virus Covid-19, dan juga seluruh mahasiswa di Indonesia diwajibkan untuk belajar Online di rumah. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta adalah salah satu kampus yang menerapkan pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom. Zoom Cloud meeting merupakan salah satu media pembelajaran online yang sering digunakan di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Efektivitas pembelajaran online sangat perlu diperhatikan agar mahasiswa memahami saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana efektivitas pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada paradigma post positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom sudah efektif. Pembelajaran secara online mendapat tanggapan sangat baik dari mahasiswa karena pembelajaran yang lebih fleksibel saat menggunakanya. Dengan adanya pembelajaran online menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan mendorong mahasiswa harus lebih aktif dalam perkulihan. Banyaknya fitur di dalam Zoom menjadikan pembelajaran lebih menarik. Selain itu, pemahaman dan penerimaan yang disampaikan oleh dosen dapat dirasakan oleh Mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Selain Aplikasi Zoom, Aplikasi WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi yang digunakan saat pembelajaran online. Whatsapp sebagai media pembelajaran online pada masa Pandemi Covid-19. Pembelajaran menggunakan WhatsApp pada pembelajaran dapat membantu proses penyampaian informasi yang akan dipelajari serta kemudahan dosen dalam proses pembelajaran dengan adanya fitur yang tersedia. Penggunaan whatsApp dinilai efektif sebagai media komunikasi pembelajaran online pada masa Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh dosen dan Mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dalam kegiatan pembelajaran yang memuat kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Kemudian fitur yang sering digunakan fitur foto, video, dokumen, grup whatsapp , dan panggilan (telepon) secara langsung membantu dalam proses penyampaian pembelajaran sehingga dirasakan dengan kehadiran fitur App dan penggunaanya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H