Lihat ke Halaman Asli

Latifa JihanKusumawati

Saya seorang mahasiswa angkatan 2019 program studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Mahasiswa KKN-T MBKM UNISRI Solo Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Melakukan Pelatihan Pembuatan Puding Jagung di Kalangan Anak-anak Desa Rejosari, Karanganyar

Diperbarui: 17 Agustus 2022   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(dokpri)

Karanganyar - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta Kelompok 32 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Sumaryanto, SE., MM. melaksanakan salah satu program kerja individu Pelatihan Pembuatan Puding Jagung pada Senin (15/8) di depan Masjid Al Mu'min Rejosari dengan jumlah peserta 20 anak.

Kegiatan pelatihan pembuatan produk ini merupakan program kerja dari salah satu mahasiswa KKNT UNISRI Kelompok 32 yang ditanggungjawabi oleh Latifa Jihan Kusumawati dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak di Desa Rejosari tentang pentingnya mengonsumsi pangan lokal yang kaya manfaat.

(dokpri)

Dalam Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat sehingga KKNT MBKM UNISRI Kelompok 32 melaksanakan Pelatihan Pembuatan Puding Jagung. Hal ini merupakan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.

Dalam mengembangkan produk pangan yang berbasis komoditi pangan lokal untuk menarik daya tarik anak - anak maka jagung dimodifikasi menjadi berbagai jenis produk olahan salah satunya puding jagung. Jagung merupakan salah satu hasil komoditi pertanian yang dihasilkan di desa Rejosari ini. Hasil pertanian setempat biasanya dikonsumsi sendiri atau digunakan sebagai pakan ternak. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan guna menciptakan produk pangan yang inovatif dan meningkatnya harga jual produk.

(dokpri)

Pada dasarnya membuat makanan seperti puding jagung yang nikmat sangatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hal itu juga dapat dilakukan sendiri di rumah karena bahan-bahan yang digunakan mudah untuk didapat. Pemberian pelatihan pembuatan produk puding jagung ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk inovasi bahan pangan lokal juga dapat meningkatkan skill memasak di kalangan anak-anak.

(dokpri)

Kemudian sebagai implementasi dalam memodifikasi produk hasil pertanian puding jagung sangat disukai anak-anak Desa Rejosari. Selain rasanya yang manis puding jagung juga memiliki tekstur yang lembut sehingga puding jagung sangat cocok dikonsumsi di kalangan anak-anak dengan manfaat yang terkandung di dalamnya.

(dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline