Lihat ke Halaman Asli

Karnadi

Kreator

Mengungkap Kelebihan Shopee Video: Strategi Bagi Affiliator Shopee

Diperbarui: 20 April 2024   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Untuk bisa berhasil dan sukses dalam mempromosikan suatu produk tidak hanya membutuhkan kualitas produk yang bagus saja. Dibutuhkan kemampuan marketing dan strategi yang tepat agar produk bisa dikenal dan terpublikasikan dengan jangkauan konsumen yang lebih luas.

Disinilah peran para affiliator diperlukan selain upaya promosi dari pihak toko sendiri. Berdasarkan pengalaman bergabung di program shopee affiliate ( kurang lebih tiga bulan ) dan menganalisis traffic laporan komisi yang saya dapatkan ada beberapa hal yang ingin saya bagikan disini terkait dengan strategi dan trik untuk meningkatkan performa komisi sebagai affiliator shopee.

Pertama, jika affiliator menggunakan cara share link produk ke media sosial maka yang diperlukan adalah memahami followers dan mengetahui waktu yang tepat. Misalnya followers yang kebanyakan wanita maka tidak relevan jika link produk yang di-share adalah produk untuk pria. Dan begitu sebaliknya. Waktu juga harus tepat agar link produk yang dibagikan tidak lewat begitu saja dan tertindih oleh postingan orang lain diberanda media sosial. Misalnya share link produk disaat jam istirahat kerja atau disaat jam selesai kerja dimana banyak orang ( followers) aktif di media sosial mereka masing-masing.

Kedua, jangan share link produk terlalu banyak secara bersamaan ( sekaligus). Ini bisa berdampak Spam atau dianggap spam. Bagikan link secara berkala atau berikan jeda waktu beberapa saat. Misalnya jangan membagikan link produk sebanyak 30-50 sekaligus.

Ketiga, Tambahkan caption yang bisa menarik orang lain untuk klik link produk yang dibagikan ( jangan selalu hanya share link doang ) tanpa tambahan kata atau kalimat menarik. Jika perlu variasi postingan dengan menambahkan gambar produk tersebut ( Download dulu gambar produknya ).

KELEBIHAN SHOPEE VIDEO

Selain menggunakan cara share link produk Affiliator Shopee hendaknya memanfaatkan fitur shopee video. Melalui shopee video Affiliator akan lebih berpotensi mendapatkan komisi. Ini karena jumlah pengunjung aplikasi shopee hingga jutaan orang setiap harinya sehingga potensi video ditonton lebih besar.

Tidak cuma itu saja kelebihan shopee video, affiliator bisa merekomendasikan enam produk sekaligus dalam satu video. Lantas bagaimana cara membuat video shopee tanpa membeli produk dulu ?. 

CARA MEMBUAT VIDEO SHOPEE TANPA BELI PRODUK

Pertama, affiliator bisa membuat video dari foto produk yang ingin dipromosikan. Caranya download dulu gambar produk tersebut, kemudian edit dan jadikan video yang menarik. Tambahkan animasi atau efek pada video agar tampak menarik. 

Kedua, supaya video yang di upload tidak terkesan monoton dan membosankan maka sekali-kali belilah produk dari shopee kemudian review produk tersebut dan upload ke shopee video. Misalnya rekam saat unboxing dan rekomendasikan produk itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline