Lihat ke Halaman Asli

L

IT

Bagaimana Kita Hidup dengan Arsitektur Komputer

Diperbarui: 30 November 2015   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mungkin dikalangan mahasiswa bahkan di dunia kerja komputer sudah tidak asing bukan ? Yah, bahkan di setiap waktu di setiap kesibukkan hidup manusia menjadi teladan dengan jari tepat berada diatas keyboard komputer 

Kenapa kita sampai pernah tidak menyadari itu, yah karena komputer sudah benar-benar melekat di kehidupan manusia. Demikian juga semua yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah hasil, baik itu adalah hasil yang positif maupun hasil yang negatif teman-teman.

Mempelajari arsitektur komputer ini akan sangat sulit  apabila niat kita hanya setengah-setengah, karna tidak ada hasil yang jernih apabila tidak ada niat ataupun semangat dari dalam diri kita. Hidup ini di ibaratkan kita mulai belajar merangkak kemudian kita belajar berjalan. Yah, semua ada level atau tahapannya masing-masing, tergantung sudah sampai mana kita mempelajarinya dan sudah sampai mana kita memperdalam pelajaran tersebut.

Arsitektur komputer bisa di ambil dalam contoh di kehidupan manusia. Hidup manusia kalau dipandang dari luar sama semua gaya dan cara hidupnya, namun berbeda-beda memiliki arah dan tujuan dan juga fungsi hidupnya, itu di tentukan oleh manusia itu sendiri dimana dia akan mengambil bagian dari hidupnya agar hidup nya memiliki fungsi yang berguna.

Seperti yang di terapkan oleh salah satu ilmuan komputer, yaitu William Stalling. Dimana beliau mendapatkan penemuan tentang 4 fungsi, yaitu :

-fungsi pengolahan data (data processing)

-fungsi penyimpanan data ( data storage)

-fungsi pemindahan data ( data movement)

-fungsi kontrol (control)

Itu adalah 4 fungsi yang berbeda arah garis dan tujuannya, sedangkan kalau kita melihat struktur gambarnya disana kita bisa melihat bentuk yang sama, sebagai berikut: 

Data movement apparatus, control mechanism, Data Storage facility dan data processing facility.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline