Lihat ke Halaman Asli

Larynt SawfaKenanga

Data & Research Enthusiast | Laboratory Assistant at Informatics Laboratory UMM

Mahasiswa PMM UMM Beri Penyuluhan Teknologi dan Keterampilan Digital di MA NU Karangploso Malang

Diperbarui: 19 September 2023   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM UMM Kelompok 216 Gel. 7

Dewasa ini, dengan perubahan teknologi yang cepat dan gejolaknya di era Industri 4.0, persiapan masyarakat, khususnya generasi muda, menjadi suatu hal yang krusial. Dalam konteks tersebut, muncul sebuah inisiatif luar biasa melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diselenggarakan oleh DPPM - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kesuksesan dalam mengaplikasikan hasil penelitian UMM menjadi dasar yang kuat dalam pelaksanaan PMM ini, dengan fokus pada tema utama, yaitu "Penguatan Keterampilan Digital Siswa Melalui Pengenalan dan Penyuluhan Pengetahuan Hardware, Pembelajaran Berbasis Virtual, dan Penulisan Ilmiah untuk Adaptasi Berkelanjutan di Era Industri 4.0". Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 27 Juli hingga 25 Agustus 2023, di Madarasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Karangploso yang terletak di Jl. Raya Ngijo Karangploso, Kepuh Utara, Kepuharjo, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Motor penggerak di balik inisiatif penyuluhan ini adalah para mahasiswa UMM dari kelompok PMM 216 yang beranggotakan Ahya Nika Salsabila, Fathul Agit Darmawan, Fath’ Hana Sarla Bajsair, Mufti Kholil Romadhoni, dan Larynt Sawfa Kenanga. Di bawah bimbingan Nur Hayatin, S.ST., M.Kom,  mereka telah berperan secara aktif dalam menyajikan materi-materi yang sangat penting kepada siswa MA NU Karangploso Malang. Sebagaimana disampaikan oleh Ahya Nika Salsabila, “Tujuan utamanya adalah untuk mempertajam keterampilan digital para siswa agar mereka lebih siap menghadapi tuntutan masa depan yang semakin dinamis.” Dengan semangat yang tulus, para mahasiswa ini berhasil melaksanakan sesi-sesi edukatif yang berfokus pada beberapa aspek yang sangat relevan.

PMM UMM Kelompok 216 Gel. 7

Salah satu inti dari program penyuluhan ini adalah memberikan edukasi yang komprehensif mengenai hardware komputer dan teknologi perangkat keras. Namun, pendekatan tidak hanya terbatas pada aspek teoritis belaka. Respon positive diberikan oleh Kepala Madrasah yaitu Ibu Ulfa Aulia S.Ag., “Para siswa tidak hanya diperkenalkan kepada konsep-konsep tersebut secara teoritis, melainkan juga diberikan peluang praktis untuk mengoperasikan simulator dan perangkat keras aktual.” Selanjutnya, dalam usaha mendekatkan para siswa dengan lingkungan kerja digital modern, pendidikan tentang pemanfaatan G00gle Workspace yaitu gdocs, gslide, dan spreadsheet juga diselenggarakan. Ini memberikan wawasan yang berharga mengenai alat-alat kolaboratif yang memiliki peran krusial dalam era saat ini.

PMM UMM Kelompok 216 Gel. 7

Lebih dari sekadar memberikan pendekatan praktis, para mahasiswa PMM kelompok 216 juga melibatkan diri dalam mendampingi para siswa dalam aspek akademik. Mereka memperkenalkan konsep dasar serta pentingnya penulisan ilmiah, sekaligus memberikan beragam tips dan trik untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan sesuai standar. Dalam upaya membantu para siswa dalam menyusun referensi dan sitasi yang akurat, para mahasiswa ini juga mengenalkan penggunaan alat bantu seperti Zotero. Alat ini membuktikan kemanjurannya dalam memudahkan proses penulisan ilmiah yang tepat dan efisien.

PMM UMM Kelompok 216 Gel. 7

Perlu diingat bahwa ruang lingkup pendidikan kini tidak lagi terbatas hanya pada ruang kelas fisik. Oleh karena itu, inisiatif PMM ini juga mencakup pendekatan edukasi berbasis virtual melalui konsep metaverse. Dengan pemahaman mendalam tentang perkembangan teknologi ini, siswa-siswa MA NU Karangploso Malang diberikan wawasan mengenai pemanfaatan platform metaverse dalam proses pembelajaran dan interaksi. Hal ini membekali mereka untuk menghadapi dinamika masyarakat yang semakin terhubung dan terintegrasi secara teknologi.

Kegiatan PMM ini merangkum tujuan yang amat sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini. Dalam era ini, keterampilan digital telah menjadi fondasi krusial bagi sukses dalam berbagai ranah. Dengan kesuksesan mereka, mahasiswa PMM UMM Kelompok 216 telah memberikan kontribusi berarti dalam memperkuat keterampilan digital siswa. Mereka telah memberikan bekal yang sangat berarti bagi siswa agar lebih siap dalam menghadapi tantangan era Industri 4.0 yang semakin kompleks. Melalui pendekatan edukatif yang komprehensif, penyuluhan teknologi yang telah diadakan di MA NU Karangploso Malang telah membawa semangat baru dalam upaya mengantarkan generasi muda menuju masa depan yang cemerlang, yang dipenuhi dengan teknologi yang cerdas dan berkelanjutan.UMM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline