Lihat ke Halaman Asli

12 Konsep Dasar Membangun Bisnis

Diperbarui: 4 April 2017   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Intro : artikel ini sebelumnya pernah saya posting di promosigerilya.com, dan karena saya ingin banyak teman-teman lain yang bisa mengambil manfaat dari tulisan ini, akhirnya saya putuskan untuk mempostingnya di kompasiana.

Kalo didunia fitnes ada yang namanya body building, maka di dunia bisnis ada yang namanya business building (istilah bikinan saya sendiri :D). Strategi business building sangatlah diperlukan, karena apabila kita membangun bisnis tanpa pondasi yang kuat maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan sangat mudah goyah dan tidak tau akan berjalan ke arah mana.

Strategi business building ini saya buat khusus untuk mempermudah  saya dalam menjalankan bisnis. Yang pasti, strategi ini masih banyak kekurangan disana sini, namun seiring waktu akan terus diperbaiki supaya bisa menjadi strategi yang maknyus.

Strategi business building ini saya bagi menjadi 12 konsep dasar :

1. BACKGROUND. Apa yang melatar belakangi kita dalam membangun bisnis, apakah berdasarkan STRENGTH (kelebihan / kemampuan) kita, WEAKNESS (kekurangan / kelemahan) kita, OPPORTUNITY (kesempatan / peluang) yang kita tau, ataukah THREAT (ancaman).

2. GOAL. Berapa target omzet yang kita inginkan dari bisnis ini.

3. VISION. Apa visi / mimpi besar kita, mau dibawa kemana bisnis kita ini.

4. MISSION. Cara-cara yang dilakukan untuk menggapai VISION kita.

5. PRODUCTS. Produk-produk yang kita sediakan dalam bisnis kita

6. TARGETS. Siapa target pasar kita.

7. BENEFITS. Apa manfaat utama dari produk kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline