Lihat ke Halaman Asli

KKN Unej Kelompok 288 Ikut Serta Mewujudkan Upaya Bebas Stunting di Desa Oro-Oro Ombo

Diperbarui: 30 Juli 2024   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian materi pencegahan stunting oleh mahasiswa KKN 288 UNEJ (Sumber: dokumentasi pribadi)

Pada kamis (18/07/24) Kelompok 288 KKN Universitas Jember turut serta dalam rapat posyandu bersama dengan ibu-ibu PKK, Bidan, dan para kader Posyandu Desa Oro-Oro Ombo.

Rapat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua ibu-ibu PKK, kemudian Ibu Bidan Desa Oro-Oro Ombo. Kelompok 288 KKN UNEJ turut serta untuk memberikan materi mengenai Stunting yang berisi tentang pengertian, gejala, data prevalensi, penyebab, dan upaya pencegahan stunting.

Tidak hanya memberikan materi, Kelompok 288 KKN UNEJ juga memberikan inovasi mengenai olahan camilan, yaitu NUTA dan PUJA. NUTA merupakan akronim dari “Nugget Kulit Udang dan Tahu” dan PUJA merupakan akronim dari “Puding Jagung”.

Camilan ini diberikan sebagai inspirasi olahan kepada ibu-ibu (audiens) dalam rangka pencegahan stunting di Desa Oro-Oro Ombo. Selain memiliki rasa yang enak, camilan yang dibuat juga mengandung gizi dan nutrisi yang dapat menyokong kebutuhan anak-anak, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, garam, dan serat dalam proporsi yang menyehatkan.

Nugget kulit udang dan tahu. (Sumber: dokumentasi pribadi)

Olahan camilan pun mudah dibuat melalui proses yang sederhana dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai di rumah.

Para audiens memberikan tanggapan positif terhadap sosialisasi dan pemberian camilan sehat oleh mahasiswa KKN, serta mengakui bahwa edukasi tentang gizi dan praktik makan yang sehat sangat penting untuk kesehatan anak-anak. Dengan ini, Kelompok 288 KKN UNEJ diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting di Desa Oro-Oro Ombo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline