Lihat ke Halaman Asli

Kaotan Serial Ilmiah: Mahasiswa KKN-BBK 4 UNAIR Demonstrasikan "Science Fun Lab" pada Siswa SDN 1 Kaotan, Banyuwangi

Diperbarui: 25 Juli 2024   02:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Foto bersama dengan Siswa kelas 5 dan 6/dokumentasi tim

Pada hari Rabu, 17 Juli 2024, mahasiswa KKN Universitas Airlangga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa eksperimen sains yang berjudul "Science Fun Lab". "Science Fun Lab" diadakan di SDN 1 Kaotan, Banyuwangi dengan target sasaran siswa kelas 5 dan 6 sebanyak kurang lebih 25 anak. Program kerja ini dilatarbelakangi karena sains sangat dekat dengan kita dan dapat digunakan untuk membantu memahami dunia sekitar, melatih kemampuan berpikir kritis, serta dapat membantu menyelesaikan suatu masalah, sehingga sangat penting untuk dipelajari. Kegiatan ini dilakukan menggunakan konsep-konsep sains sederhana pada siswa SD melalui serangkaian eksperimen yang menyenangkan dan interaktif serta bertujuan untuk membuat sains menjadi sesuatu yang menarik dan mudah dipahami.

Gambar 2. Kegiatan Eksperimen/dokumentasi tim

Shahnaz dan Laras selaku penanggung jawab mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki urgensi untuk dilaksanakan karena melihat tingginya minat siswa SD di Desa Kaotan untuk mempelajari sains namun masih kurang dalam pengetahuan dan pemahamannya. Kegiatan "Science Fun Lab" diawali dengan pemberian materi singkat kepada siswa SD seputar sains, khususnya eksperimen-eksperimen yang akan dilakukan. Tujuannya untuk memberi gambaran dan pengetahuan mengenai fenomena-fenomena yang terjadi pada eksperimen-eksperimen yang akan mereka lakukan. Eksperimen-eksperimen yang dilakukan terdiri dari empat macam yaitu eksperimen gunung berapi, kembang api dalam air, lilin ajaib, dan air mengalir. Saat pemberian materi, siswa SD juga diberi pertanyaan singkat tentang eksperimen yang akan dilakukan (pretest).

Setelah pemberian materi, siswa SD diajak keluar ke halaman sekolah untuk melakukan eksperimen sains. Siswa SD kelas 5 dan 6 dibagi menjadi empat kelompok agar memudahkan mobilisasi dari satu eksperimen ke eksperimen lainnya. Pada tiap pos eksperimen terdapat beberapa mahasiswa KKN yang memandu proses eksperimen sekaligus menjelaskan alasan dari fenomena-fenomena yang terjadi pada saat eksperimen. Sesi eksperimen ini dilakukan secara interaktif, sehingga siswa SD mendapatkan pengalaman dalam melakukan eksperimen dan lebih memahami tentang fenomena sains yang terjadi pada tiap eksperimen yang dilakukan.

Gambar 3. Sesi materi,  tanya jawab, dan pembagian snack/dokumentasi tim

Program kerja "Science Fun Lab" ini dihadiri sebanyak 25 siswa SDN 1 Kaotan kelas 5 dan 6. Partisipasi aktif dan antusiasme dari siswa yang hadir pada kegiatan ini menunjukkan rasa ingin tahu dan semangat belajar yang tinggi terutama tentang sains. Para siswa terlihat bersemangat dan penuh perhatian sepanjang kegiatan mulai dari pemberian materi hingga saat melakukan eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan mengenai alasan terjadinya fenomena-fenomena dari setiap eksperimen yang telah mereka lakukan.

Kegiatan "Science Fun Lab" yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Airlangga di Desa Kaotan, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan nilai SDGs nomor 4 yaitu quality education sekaligus sebagai langkah nyata dalam mengedukasi serta meningkatkan pengetahuan dan minat siswa SDN 1 Kaotan, sehingga mereka dapat lebih kritis pada lingkungan sekitarnya dan juga dapat membuat solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di sekitarnya. Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, khususnya siswa SDN 1 Kaotan yang ditandai dengan semangat para siswa untuk mendapatkan pengetahuan baru mengenai eksperimen sains melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline