Lihat ke Halaman Asli

Laras Cipto Kurniati

Guru Peserta Didik Tunadaksa

Belajar Memakai Bodycare bagi Peserta Didik Tunadaksa

Diperbarui: 15 Desember 2022   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi


Hai hai.. 

hari ini aku akan berbagi tentang mengajarkan peserta didik tunadaksa program khusus dengan menggunakan kurikulum terbaru yaitu merdeka belajar. kali ini hal yang akan diangkat yaitu terkait program khusus bagi peserta didik tunadaksa elemen mengurus diri, dengan capaian pembelajaran menggunakan body care yaitu deodorant, bodylotion dan parfum. setelah menentukan elemen apa yang hendak kita ajarkan dan memilih capaian pembelajaran yang memiliki keurgenitas untuk segera diajarkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus sesuai dengan hasil asesmen yang telah dilakukan.

setelah itu, guru merumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, tentu dengan melihat kisi-kisi dari kata kerja operasional. kali ini tujuan pembelajaran yang dirumuskan yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik tunadaksa jenjang SMALB pada mata pelajaran program khusus mengurus diri yang disebabkan belum terciptanya kesadaran diri terkait penggunaan Body Care dengan menggunakan Model pembelajaran Direct Instruction dan Metode Demonstrasi di SLB Negeri 1 Bantul.

Latar Belakang dari dilakukannya pembelajaran ini yaitu karena belum tumbuhnya kebermaknaan dalam pembelajaran pada peserta didik. Sehingga dalam prosesnya diperlukan model, metode dan media pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan peserta didik dalam belajar. Praktik baik ini dilakukan juga agar pelaksanaan dalam pembelajaran ke depannya akan lebih terukur dan berorientasi pada tingkat keberhasilan yang berkesinambungan antara aspek pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik. Sehingga metode demonstrasi diterapkan dalam pembelajaran ini. dalam praktik baik ini guru memiliki peran penting dan tanggungjawab utama dalam membimbing dan mengakomodasi peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, rekan sejawat pun memiliki peran dalam memberikan tanggapan ataupun masukan terhadap praktik baik ini.

Yang terlibat dalam proses pembelajaran dalam praktik baik ini yaitu :

1. Guru yang berperan sebagai akomodator dalam proses pembelajaran.

2. Peserta didik yang berperan sebagai obyek dalam proses pembelajaran

3. Teman sejawat, berperan dalam membantu praktikan seperti memberikan solusi dan membantu dalam mendukung kegiatan rencana aksi

Dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tentu guru pun menghadapi beberapa tantangan, antara lain :

 1. memilih masalah yang terjadi pada kelas dengan memperhatikan urgensi dan fungsionalitas bagi peserta didik tunadaksa yang telah di usia remaja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline