Lihat ke Halaman Asli

Program P3K UPI: Memperkenalkan Arah Mata Angin Melalui Maket Lingkungan Sekitar

Diperbarui: 30 Juli 2023   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi (modul ajar)

Pengenalan program P3K

Program P3K (Penguatan Pengalaman Profesional Kependidikan) merupakan sebuah program yang dicetuskan oleh PPGJK tahun 2023. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa/i semester enam yang berjalan selama kurang lebih enam bulan mulai dari bulan Februari 2023 hingga Juli 2023 yang setara dengan 20 sks. Selain itu, program ini merupakan program dibuat untuk mempersiapkan calon pendidik menjadi pendidik yang baik di masa depan sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Setiap mahasiswa/i ditempatkan pada berbagai sekolah yang tersebar di wilayah Bandung sesuai dengan domisili yang didaftarkan oleh mahasiswa/i. 

Perjalanan saya selama kegiatan program P3K

Selama menjalankan program P3K ini, saya mengembangkan beberapa modul ajar dan beberapa media ajar yang saya gunakan sebagai acuan selama mengajar. Modul ajar, bahan ajar, dan media ajar yang saya kembangkan berdasarkan dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah. SDN 77 Sejahtera, nama sekolah tempat saya ditempatkan adalah salah satu sekolah negeri dengan penerapan kurikulum berbeda pada beberapa jenjang kelas. Untuk kelas 1,2, 4, dan 5 akan menerapkan kurikulum merdeka. Sedangkan untuk kelas 3 dan 6 akan menerapkan kurikulum 2013. Selama kegiatan P3K berlangsung, saya ditempatkan pada kelas 1, 2, dan 4. Maka modul ajar, bahan ajar, dan media ajar disesuaikan dengan kurikulum 2013. Dalam pengembangan modul, yang perlu diperhatikan adalah CP (Capaian Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), alokasi waktu, jumlah peserta didik, media pembelajaran, model pembelajaran, profil pelajar pancasila yang akan dicapai peserta didik, dan asesmen/penilaian peserta didik selama proses pembelajaran.

Beberapa modul ajar yang saya buat didampingi dengan bahan ajar dan media ajar sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Salah satu media ajar yang saya buat adalah maket denah lingkungan rumah untuk kelas 1 pada mata pelajaran Pancasila semester 2. Dengan capaian pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasi karakteristik dan ciri fisik lingkungan sekitarnya, serta peserta didik mampu mengambil perilaku dan sikap untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Profil pelajar Pancasila yang akan dicapai peserta didik yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, dan berpikir kreatif. Dalam pembelajaran Pancasila mengenai "mengenal lingkungan sekitar" ini, saya bagi menjadi dua pertemuan. Pertemuan pertama fokus membahas mengenai karakteristik dan ciri lingkungan sekitar. Sedangkan pertemuan kedua fokus membahas mengenai perilaku dan sikap yang harus diterapkan peserta didik untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Berikut lampiran modul ajar, bahan ajar, dan media ajar yang saya gunakan

Dokumentasi pribadi (modul ajar)

Dokumentasi pribadi (bahan ajar)

Dokumentasi pribadi (bahan ajar)

Dokumentasi pribadi (sketsa maket)

Dokumentasi pribadi (maket)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline