Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Relawan Jurnal Indonesia

Diperbarui: 30 Agustus 2021   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hello para akademisi, mahasiswa....

Saya adalah salah satu mahasiswa di kampus Yogyakarta. Disini saya akan membagikan pengalaman saya tentang Relawan Jurnal Indonesia.

Relawan jurnal ini sudah tersebar luas diseluruh Indonesia yang memiliki semboyan “Berbagi, Giatkan Publikasi”. 

Mulai tahun 2020 sampai sekarang saya senang mengikuti acaranya walaupun dilakukan secara Online melalui seminar ataupun workshop dan disampaikan melalui sebuah platform Youtube. Acara ini dapat diikuti oleh akademisi, mahasiswa, ataupun peneliti dan dapat diikuti oleh siapapun serta gratis.

Relawan Jurnal Indonesia atau sering disingkat dengan RJI memiliki peran positif dalam berbagi ilmu pengelolaan, pembuatan jurnal-jurnal ilmiah, sistematika penulisan, indeksasi, akreditasi jurnal serta cara publikasi jurnal-jurnal ilmiah yang memiliki kualitas tinggi sesuai dengan bidang yang diminati oleh para peneliti.

Motivasi menjadi seorang dosen adalah salah satu cita-cita sejak menjadi seorang mahasiswa. Sedini mungkin saya harus mengembangkan diri dan terus belajar seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Selain itu harus memiliki kesadaran dalam membuat penelitian atau jurnal ilmiah dengan tata penulisan yang sistematik dan berkualitas tinggi sehingga dapat dikelola dengan baik yang berpangkal pada Tridharma Perguruan Tinggi,  karena penelitian menjadi elemen penting dalam dunia akademik dan pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga pengalaman terbaik saya dalam mengikuti acara RJI yaitu dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, serta menjadikan jurnal kami menjadi lebih baik pada setiap terbitan.

 RJI ini sangat bermanfaat karena kedepannya ilmu-ilmu yang dibagikan dapat menjadi pengalaman dan memperluas jaringan baik dengan dosen-dosen senior maupun dengan peneliti lainnya. Keunggulan mengikuti acara ini adalah dapat mengetahui tahap-tahapan secara terperinci yang disampaikan secara jelas, menarik serta mudah dipahami. Terimakasih RJI.

Semoga kedepannya acara atau organisasi ini dapat GO Internasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline