Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas Takalar

akun resmi Lapas Kelas IIB Takalar

Banjir Pesanan, Lapas Takalar Tingkatkan Produksi Songkok Anyam

Diperbarui: 27 Oktober 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Humas Lapas Takalar

Takalar, INFO_PAS - Produksi songkok anyam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Takalar terus ditingkatkan. Hal itu menyusul tingginya permintaan pasar atas produk hasil karya warga binaan ini. 

Staf Bimbingan Kerja, Jodhi Metekohi, menjelaskan jika saat ini Lapas Takalar menerima tiga puluh pesanan songkok anyam.

"Saat ini kami fokus mengerjakan pesanan tiga puluh songkok anyam dari salah seorang tokoh masyarakat, karena dia minta secepatnya," kata Jodhi, Jumat (27/10). 

"Saat ini kami punya dua puluh tujuh pengrajin. Kami terus latih orang baru, agar produksi bisa kami tingkatkan sekaligus pembinaan keterampilan bisa terus berjalan," beber Jodhi. 

Kepala Lapas Takalar, Ashari, menjelaskan jika pihaknya terus membangun sinergi dengan berbagai pihak untuk membuat program positif di Lapas Takalar. 

"Kami bekerja sama dengan Yayasan Hidayah Art, terkait penyediaan tenaga ahli yang bisa melatih warga binaan kami. Kami berharap sinergi ini dapat membantu memaksimalkan pembinaan di Lapas," kata Ashari. 

Ashari juga menjelaskan jika keterampilan songkok anyam ini merupakan usaha melestarikan budaya lokal. 

"Sekarang jumlah pengrajin di Takalar semakin berkurang, pelatihan ini tentu akan menjadi usaha untuk melestarikan budaya lokal, karena kami bisa melahirkan pengarajin-pengrajin baru di sini," tambahnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline