Lihat ke Halaman Asli

Lapas Tahuna

Humas Lapas Tahuna

Belajar Membaca Al-Qur'an bagi WBP, Program Rutin Pembinaan Lapas Tahuna

Diperbarui: 31 Juli 2024   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Lapas Tahuna

Tahuna, INFO_PAS - Pembinaan Kepribadian Membaca Al-Qur'an merupakan Program rutin yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beragama Islam. Rabu (31/07).

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Masjid At-Taubah merupakan sinergitas antara Lapas Tahuna dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Sangihe yang bertujuan untuk membentuk Warga Binaan yang memiliki landasan aqidah yang kuat, mengamalkan syariat dan dihiasi nilai akhlak karimah.

Dalam pertemuan Kali ini, Penyuluh Agama Islam (PAI) dari Kemenag Kabupaten Kepulauan Sanihe, ustadz Fahruddin memberikan materi belajar membaca Al-qur'an dengan metode Iqro, dimana Warga Binaan di ajak untuk belajar memahami cara membaca huruf yang disambung serta pengenalan bacaan panjang dan pendek juga ada tambahan materi belajar do'a. "Karena do'a sangat penting dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Dengan membiasakan diri membaca bahkan menulis Al-Qur'an, Warga Binaan nantinya akan mengetahui dan memahami isi dari Al-Qur'an dengan baik. "Karena Al-Qur'an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat dan membaca Al-Qur'an termasuk ibadah," terang ustadz Fahruddin.

Sementara itu, Kepala Subseksi (Kasubsi) Registrasi, Irwan Lumiu mengharapkan melalui Pembinaan Kepribadian membaca Al-Qur'an, Warga Binaan dapat mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-qur'an dari segi kelancaran dan kefasihannya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Pembinaan Kepribadian Membaca Al-Qur'an diikuti dengan penuh antusias, dan terlihat jelas keseriusan dari Warga Binaan dalam membaca serta memahami isi bacaan di dalam Al-Qur'an.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline