Lihat ke Halaman Asli

Lapas Kelas IIA Sumbawa Besar

Correctional Facility

Hari Pengayoman sebagai Hari Lahir Kemenkumham RI

Diperbarui: 15 Juli 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humas Lapas Sumbawa Besar

INFOPAS Sumbawa Besar - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI awal terbentuknya diberi nama Departemen Kehakiman yang mengurusi tugas pemerintahan di bidang Peradilan, Administrasi Hukum, Penjara, dan Imigrasi yang terbentuk tanggal 19 Agustus 1945 dengan menteri pertama dijabat oleh Prof. Dr. Mr. Soepomo, S.H.

Prof. Dr. Mr. Soepomo, S.H. - Menteri Kehakiman Pertama Republik Indonesia

Seiring dengan perubahan situasi politik dan perkembangan zaman nomenklaturnya telah mengalami beberapa kali perubahan diantaranya Departemen Hukum dan Perundang-Undangan (1999-2001), selanjutnya menjadi Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (2001-2004), Kemudian menjadi Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (2004-2009) dan terakhir menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang kita kenal sampai sekarang ini.

Sebelumnya hari Kemenkumham RI diperingati setiap tanggal 30 Oktober sebagai hari DHARMA KARYA DHIKA dan terakhir diperingati setiap tanggal 19 Agustus. Setelah melalui kajian data dan sejarah, Hari Lahir Kemenkumham diperingati sebagai Hari Pengayoman yang telah dilaunching oleh bapak Yasonna H. Laoly pada tanggal 15 Juli 2024 dan akan diperingati mulai tanggal 19 Agustus 2024 dan seterusnya sampai adanya perubahan.


Seluruh aparatur Kemenkumham juga dikenal sebagai Warga atau jajaran pengayoman yang berlambangkan Pohon Beringin Pengayoman dengan filosofi keberadaan hukum/norma positif harus memberi perlindungan, kesejukan dan ketentraman bagi masyarakat.

#lapasWBK #lapasWBBM #lapassumbawapastihebat #pastidalammelayani #NTBJuare #PastiBalong #LapasSumbawaBesar #KumhamNTB #KemenkumhamNTB #Parlindungan #KanwilKemenkumhamNTB #polsuspas #ASNjamanNow #berakhlak #banggamelayanibangsa #revolusidigital




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline