Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas Purwakarta

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat

Lapas Purwakarta Hadiri Peringatan Kemerdekaan HUT RI Ke-79 Tingkat Kabupaten Purwakarta

Diperbarui: 17 Agustus 2024   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto : Reynaldi / Humas Lapas Purwakarta)

Purwakarta -- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta, Yusep Antonius, menghadiri upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 tingkat Kabupaten Purwakarta dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", Sabtu 17 Agustus 2024 di Taman Pasanggrahan Padjajaran lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Agenda ini rutin dilangsungkan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.


Pj. Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Benni Irwan beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat Pemkab setempat dan masyarakat melaksanakan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 di gelar di alun-alun Kiansantang Pemkab Purwakarta, Sabtu 17 Agustus 2024.

Menurut Pj. Bupati Beni Irwan, rakyat Purwakarta khususnya harus merasa bersyukur diusia kemerdekaan yang ke-79 tahun ini. Karena, kata Benni Irwan, untuk mencapai usia 79 tahun itu tidak mudah.

"Butuh perjuangan yang berdarah-darah oleh para pahlawan kita. Perjuangan yang panjang. Yang kita sekarang nikmati kemerdekaan ini harus mensyukurinya. Tentu, rasa syukur itu harus selalu diupayakan agar bisa mempertahankan kemerdekaan ini. Dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kita di Purwakarta,"kata Pj. Bupati Benni Irwan saat diwawancari wartawan media ini selepas pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dilingkungan Pemkab Purwakarta, Sabtu 17 Agustus 2024.

Namun demikian, mengisi pembangunan itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri saja, harus bersama-sama, bergorong-royong, bahu membahu, ada pemerintah sebagai fasilitator, masyarakat sebagai pelaku utama. Ada dunia usaha, dunia akademisi, ada temen temen dari media juga. ada temen dari LSM yang mengawal kita melaksanakan program-program pemerintah dalam pembangunan itu. "Jadi intinya kita harus bersatu dan bergotong royong,"kata Benni Irwan.

Pj. Bupati Purwakarta Benni Irwan berpesan kepada pejabat dan pegawai di Pemkab Purwakarta dimana dirinya sudah 10 bulan lebih bertugas di Kabupaten Purwakarta. "Saya berharap teman-teman di birokrasi pemerintah daerah yang dalam waktu hampir 11 bulan bersama-sama dengan saya, mudah-mudahan kita sama-sama saling belajar dari praktek-praktek yang saya bawa ke Kabupaten Purwakarta. Mungkin dari hal-hal yang kecil kecil, saya mohon maaf karena saya orangnya agak detail. yang kecil kecil saya perhatikan,"katanya.

Yang kedua, Pj. Bupati ingin menggugah sebagai ASN / PNS itu sesungguhnya sebagai pelayan bukan sebaliknya. "Jiwa itu dulu yang harus tumbuh didalam hati. jangan sebaliknya bukan kita yang mau dilayani, kita yang harus melayani masyarakat,"tandasnya.

"Jadi saya meminta dalam pelaksanaan tugas sehari-hari lakukanlah apa yang bisa dilakukan dalam melayani masyarakat sesuai dengan koridornya. sesuai dengan aturan. Kedepankanlah semangat pelayanan itu. jangan tunggu diminta dulu, ambilah inisiatif, berinovasilah untuk melakukan pelayanan-pelayanan. Itu yang perlu dicamkan pertama tama. bahwa kita sebenarnya sebagai seorang pelayanan, bukan sebaliknya. mudah mudahan itu bisa tereflesikan dalam pelaksanaan tugas sehari hari,"kata Pj. Bupati Benni Irwan mengingatkan bawahannya di lingkungan Pemkab Purwakarta.


"Ini momentum, sekaligus juga bagi kita untuk melakukan renungan setelah 79 tahun. Saya masih banyak PR (Pekerjaan Rumah) di Purwakarta ini. salah satu contohnya, PAD kita masih sangat rendah. bagaimana berfikir berinovasi mencari upaya-upaya baru untuk bisa meningkatkan PAD. Sehingga kita punya ruang yang luas punya kebebasan fleksibilitas untuk melakukan pembangunan pembangunan dan pelayanan yang langsung ke masyarakat,"demikian Pj. Bupati Benni Irwan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline