Lihat ke Halaman Asli

Lapaga Laksanakan Salat Iduladha 1445 H

Diperbarui: 17 Juni 2024   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Humas Lapaga 

Pagar Alam -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Pagar Alam Kanwil Kemenkumham Sumsel pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanyak 2 (dua) ekor kambing, senin (17/06).

Pelaksanaan shalat idul adha dilakukan di lapangan Lapas Pagar Alam dengan diikuti oleh warga binaan serta petugas. Selaku Imam sekaligus khatib, Ustadz Mardi Sahputra menyampaikan hikmah-hikmah dari pelaksanaan syariat pemotongan hewan qurban.

"Di antara hikmah pelaksanaan qurban adalah berlemah lembut, sebagaimana dalam memotong hewan qurban saja kita diperintahkan dengan lembut tanpa menyiksa, maka apalagi sikap kita kepada saudara-saudara kita," Ucap Ustadz Mardi.

Pemotongan Hewan Qurban dilakukan usai melakukan shalat Idul Adha yang dipimpin langsung Oleh Kalapas Pagar Alam, Muhammad Rolan didampingi Para Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Pagar Alam. Kalapas menyampaikan bahwa Idul Adha tahun ini, lapas memotong 2 ekor hewan Qurban berupa kambing. Satu ekor kambing merupakan qurban dari Kalapas sedang satu lainnya merupakan sumbangan dari Bank BRI.

Rencananya setelah dipotong dan dibersihkan, daging qurban akan langsung dimasak untuk kemudian dibagikan kepada warga binaan dan petugas.
"Meski berada di balik jeruji, penghuni lapas Kelas III Pagar Alam tetap merayakan Idul Adha dengan suka cita. Usai menggelar Shalat Idul Adha, warga binaan bersama petugas lapas kemudian menggelar pemotongan hewan Qurban," ungkap Kalapas.

"Pemberian bantuan Hewan Qurban tersebut sebagai bentuk peduli sesama, terutama untuk Warga Binaan yang membutuhkan perhatian, bukan hanya simpati tetapi juga empati dari semua pihak. Semoga hal tersebut juga dapat menginspirasi dan memotivasi diri untuk saling berbagi, terutama kepada mereka yang membutuhkan," Pungkasnya.

Dok. Humas Lapaga 

#Kemenkumham#KemenkumhamSumsel
#LapasPagarAlam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline