Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas Martapura

seputar cuitan dan info Lapas Martapura Kemenkumham Sumsel

Tingkatkan Kualitas SDM Lapas Martapura Ikuti Pembinaan Fisik, Mental, dan Disiplin

Diperbarui: 13 Oktober 2022   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam Upaya Peningkatan Kualitas SDM 43 orang Petugas
Pemasyarakatan Melaksanakan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD)
Humas Martapura -- Petugas Pemasyararakatan Lapas Martapura Kanwil Kemenkumham Sumsel Mengikuti Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) yang bertempat di Markas Komando Yonarmed 15/105 Tarik, Martapura, OKU Timur (Jumat, 12/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh 43 orang petugas Peamasyarakatan Lapas Kelas IIB Martapura serta dibersamai oleh 23 orang petugas pemasyarakatan Rutan Kelas IIB baturaja.

Kegiatan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) adalah sebuah kegiatan dalam rangka pembentukan kepatuhan peraturan, karakter, fisik, mental dan kedisplinan petugas pemasyarakatan dalam menjalankan tugas sehari-harinya. Sebelum kegiatan FMD dilaksanakan mula-mula peserta dicek kesehatannya oleh anggota Yonarmed untuk memastikan peserta benar-benar siap melaksanakan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin Tersebut (FMD).

dokpri

Setelah pengecekan kesehatan dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan FMD yang dibuka langsung oleh Danyon Armed 15/105 Tarik (Letnan Kolonel Arm Tri Budi Wijaya S.H.) bersama Kepala Lapas Martapura (Edi Saputra, SH, MH) dan juga Kepala Rutan Baturaja (Febriansyah), bertempat diaula Yonarmed 15/105.

"Selamat datang di Yonarmed 15/105 Tarik, ini merupakan silahturahmi perdana saya sebagai danyon bersama dengan petugas pemasyarakatan karena juga saya terbilang baru menjadi danyon disini, harapan saya setelah kegiatan FMD ini kita dapat menambah serta mempererat silahturahmi kedepannya. Untuk peserta kegiatan silahkan ikuti rangkaian kegiatan FMD ini dengan semangat serta ikuti kegiatan-kegiatan yang ada dengan serius agar bisa mendapatkan ilmu serta wawasan yang dapat membentuk Fisik, Mental serta Kedisplinan kita", sambutan oleh Letnan Kolonel Arm Tri Budi Wijaya SH selaku Danyon Armed 15/105 Tarik.

dokpri

Disisi lain Bapak Edi Saputra SH, MH, juga berharap dengan adanya kegiatan ini petugas pemasyarakatan khususnya Lapas Martapura meningkat kualitasnya daripada sebelum pertama kali datang ke Mako Yonarmed 15/105 Tarik.

"Saya berharap, pembinaan FMD ini dapat menjadi kegiatan yang dilaksanakan untuk memperoleh Petugas Pemasyarakatan yang mempunyai jiwa integritas yang tinggi serta mempunyai sikap dan pribadi yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu untuk menjadi pribadi yang disiplin, tanggap, cekatan dan mampu menyelenggarakan tindakan pengamanan dan pengawasan. Kita juga sebagai Petugas Pemasyarakatan mengikuti kegiatan ini harus dengan sungguh-sungguh serta harus lebih baik lagi dari segi Fisik, Mental dan Displin dari sebelum kita datang ke mako yonarmed" Pungkas Kalapas Martapura

Selanjutnya setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penyambutan peserta di Yonarmed 15/105 Tarik, adapun rangkaian kegiatan FMD ini adalah Materi Baris Berbaris, Materi Outbond, dan pelatihan menembak serta pengenalan Alutsista YonArmed. Materi Outbond sendiri terdiri dari Materi Penyebarangan Jembatan dengan 2 tali, materi jaring pendaratan serta materi penyebarangan dengan flying fox.

Setelah kegiatan semua FMD dilaksanakan, kegiatan ditutup dengan upacara penutupan dan foto bersama, diakhri penutup Edi Saputra SH MH selaku Kalapas Kelas IIB Martapura berharap dapat meningkatkan kinerja petugas pemasyarakatan dilingkungan kerjanya masing-masing khususnya Lapas Kelas IIB Martapura.

"Saya yakin bahwa Saudara-saudara peserta telah memperoleh banyak bekal pengetahuan dan wawasan yang pada muaranya adalah penyatuan pemahaman tentang teknis pengamanan. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan membawa dampak yang positif terutama disamping adanya peningkatan kemampuan Petugas keamanan juga difokuskan pada Penguatan kapasitas Program Pelayanan yang mensyaratkan para pelaksana yang handal berkinerja tinggi, melayani dengan tulus dan berintegritas tinggi dengan baik di UPT Masing-masing seperti Rutan Kelas IIB Baturaja dan khususnya Lapas Kelas IIB Martapura." Ungkap Kalapas Kelas IIB Martapura




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline