Lihat ke Halaman Asli

Lapas Lubuklinggau

KEMENKUMHAM REPBULIK INDONESIA

Lapas Lubuk Linggau Gelar Simulasi Penyelamatan Kejadian Kebakaran

Diperbarui: 11 Oktober 2024   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lapas Lubuk Linggau

Lubuk Linggau. Sebagai tindaklanjut Surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia  perihal Himbauan Pemenuhan Sarana Prasarana Kedaruratan Kebakaran dan Simulasi Penyelamatan Kejadian Kebakaran pada Dapur di UPT Pemasyarakatan, Lapas Lubuk Linggau Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan menggelar Simulasi Penyelamatan Kejadian Kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuk Linggau, Jum'at (11/10/2024).

Simulasi ini diikuti oleh petugas Lapas Lubuk Lingau dana warga binaan yang menjadi  bertugas sebagai tamping dapur. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan  oleh petugas DPKPB beberapa penyebab terjadinya kebakaran dan dilanjutkan dengan cara mengantisipasinya menggunakan baik menggunakan alat tradisional seperti karung dan  handuk basah maupun menggunakan alat modern.

Lapas Lubuk Linggau

Kepala DPKPB Kota Lubuk Linggau yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pencegahan Penanggulangan Bencana, Rachmad mengatakana bahwa dalam menghadapi situasi kebakaran hal yang paling utama dilakukan adalah jangan panik dan sesegera mungkin mengambil Kesimpulan dan tindakan pertama agar sumber api tidak cepat menyebar.

"Intinya jangan panik saat dalam situasi ini, sesegera mungkin lakukan tindakan untuk mencegah penyebaran sumber api," ungkap Rachmad.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Lubuk Linggau, Hamdi Hasibuan dalam kesempatan ini juga mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada petugas Lapas Lubuk Lingau dan warga binaan yang menjadi  bertugas sebagai tamping dapur untuk mencegah dan cara penyelamatan kebakaran.

"Selain sebagai tindaklanjut arahan pimpinan kegiatan ini juga sebagai sarana pengetahuan bagi petugas Lapas Lubuk Linggau dan warga binaan yang menjadi  bertugas sebagai tamping dapur dalam mencegah dan cara penyelamatan kebakaran," ungkap Kalapas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline