Lihat ke Halaman Asli

Lapas Kelas IIB Klaten

Lapas Klaten membina, mengayomi dan melayani narapidana yang sedang menjalani proses pidana, untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan tidak melakukan kejahatan kembali, sehingga dapat kembali diterima dimasyarakat.

Luar Biasa! 7 Orang Warga Binaan Lapas Klaten Berhasil Membangun Kanopi

Diperbarui: 12 September 2022   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembangunan kanopi di Lapas Klaten (Dok. Humas Lapas Klaten)

KLATEN - Luar biasa, kata yang pantas untuk mengambarkan ketujuh orang Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klaten. Bagaimana tidak mereka berhasil membangun kanopi dengan ukuran 14 x 5 meter di dalam Lapas Klaten, Senin (12/09/2022).

Proses pembangunan kanopi di Lapas Klaten (Dok. Humas Lapas Klaten)

Yang menjadi unik, mereka tidak memiliki keahlian pengelasan sebelum masuk ke Lapas Klaten. Keahlian ini mereka dapatkan seluruhnya dari pelatihan yang diselengarakan oleh pihak Lapas. Salah satu narapidana bernama Doni Siswanto mengakui bahwasanaya mereka ditantang oleh Bapak Kalapas Klaten untuk membangun kanopi tersebut.

"Kami ditantang pak Kalapas untuk menyelesaikan kanopi yang ada di dalam, awalnya kami ragu, tapi karena kami sudah mendapatkan pelatihan - pelatihan yang diperlukan, kami ingin membuktikan bahwa kami mampu, jadi kami menyangupi tantangan dari pak Kalapas, alhamdulillah bisa terlaksana," ucap Doni.

 Salah satu pelatihan yang diperlukan adalah Pelatihan Las. Hal ini bertujuan untuk mengkoordinir minat dan bakat Warga Binaan pemasyarakatan yang ada di Lapas Klaten.

Proses pengelasan yang dilakukan warga binaan (Dok. Humas Lapas Klaten)

"Menjadi tanggung jawab kami untuk mendidik dan melatih seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klaten ini, hal ini semata-mata untuk membantu para warga binaan agar bisa diterima kembali ke masyarakat seterlah keluar dari Lapas Klaten," tutur Bapak Ahmad Fauzi selaku Kalapas Klaten.

Pembuatan kanopi ini sebagai wujud nyata dari hasil pembinaan kemandirian maupun pelatihan - pelatihan yang sudah dilakukan untuk para warga binaan Lapas Klaten.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline