Lihat ke Halaman Asli

Lapas Batu Nusakambangan

Lembaga Pemasyarakatan High Risk Kelas I Batu Nusakambangan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Lapas Batu Gelar Upacara

Diperbarui: 1 Oktober 2022   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Upacara peringatan kesaktian pancasila di Lapas Batu, Foto : Humas Lapas Batu

Cilacap -- Bertempat di Lapangan Lapas Kelas I Batu dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dengan dipimpin langsung oleh Kalapas Batu Bapak I Putu Murdiana. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran staf pegawai Lapas Besi, Taruna Poltekip Angkatan 53 dan CPNS Angkatan 2021. Sabtu (01/10/2022)

Pelaksanaan upacara ini merujuk surat edaran dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor : SEK-UM.04.01-307 perihal Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 dengan tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" diselenggarakan secara tatap muka diikuti seluruh ASN pada masing-masing unit kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Upacara peringatan kesaktian pancasila di Lapas Batu, Foto : Humas Lapas Batu

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang tujuh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tewas di Pondok Gede, Jakarta Timur atau dikenal dengan Lubang Buaya. Tujuh anggota TNI AD tersebut merupakan korban penculikan dan pembantaian kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) atau dikenal juga sebagai Gerakan 30 September 1965. Hal ini menjadi cikal bakal sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Peristiwa tersebut menandakan daya juang para anggota TNI AD atas gerakan-gerakan yang berusaha menghancurkan Pancasila. Adanya Nilai-nilai Pancasila yang bersumber dari jati diri bangsa Indonesia sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah terbukti dapat menghalau gangguan-gangguan yang berupaya menghancurkan bangsa Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila kita maknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara selain itu juga fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup yang dipergunakan sebagai pedoman tingkah laku bermasyarakat dan organisasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline