Lihat ke Halaman Asli

Kemenkumham Sumsel Buka Legal Expo di Mall, Ini Layanan yang Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

Diperbarui: 3 Agustus 2024   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi Pribadi)

*Kemenkumham Sumsel Buka Legal Expo di Mall, Ini Layanan yang Bisa Dimanfaatkaan Masyarakat*

Palembang. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM kembali menggelar Expo Pelayanan Publik. Dalam rangkaian memeriahkan hari Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM ke -79, Legal Expo tahun ini digelar di Atrium Palembang Indah Mall, pada tanggal 2-4 Agustus 2024.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati dalam pembukaan acara, Jumat sore (2/8) menyampaikan, Hari Pengayoman Kemenkumham diperingati setiap tanggal 19 Agustus, dan Tahun 2024 ini mengusung tema "Kementerian Hukum Dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045".
"Tema ini tentu menjadi landasan kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan layanan on the spot di tempat umum agar lebih dekat dengan masyarakat", jelas Ika mengawali sambutannya.

Kadivyankumham menegaskan, banyak layanan yang dapat diperoleh masyarakat selama kegiatan. Untuk Pelayanan Hukum dan HAM, terdapat Layanan Administrasi Hukum Umum meliputi Pendaftaran Perseroan Perorangan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan, Apostille, Kenotariatan. Sementara pada Layanan Kekayaan Intelektual, berupa pendaftaran/Informasi/Konsultasi mengenai merek, cipta, maupun jenis KI lainnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan layanan Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, yakni Konsultasi Keimigrasian dan layanan paspor. Untuk Pengajuan Paspor baru maupun penggantian paspor, disediakan kuota 79 orang pemohon per hari, dengan rincian kuota prioritas 29 orang dengan datang langsung / walk-in dan kuota 50 orang melalui aplikasi M-Paspor.

Masyarakat juga dapat mengunjungi Pameran khususnya dari Divisi Pemasyarakatan yang bertajuk 'Bangga Memakai Hasil Karya Warga Binaan'. Selain itu, Legal Expo dimeriahkan booth produk-produk UMKM, Lomba Fashion Show Anak, Lomba Sang Juara, Lomba Karaoke, Lomba talent show competitons serta hiburan band lokal. Sementara dalam upaya meningkatkan pemahaman mengenai tugas dan fungai Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, dilakukan dengan berbagai talkshow.  

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Dr. Ilham Djaya mengajak seluruh masyarakat di wilayah Sumatera Selatan untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Menurut Kakanwil, semua layanan itu sangat dekat dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup maayarakat. Misalnya UMKM yang ingin memperluas usaha, hingga masyarakat yang membutuhkan perlindungan hukum dan HAM dalam aspek apapun.

Turut hadir pada pembukaan Legal Expo, jajaran Forkopimda dan Dinas terkait di lingkungan Pemprov Sumsel. Pj. Walikota yang diwakili Sahli Bidang Pemerintahan M. Sadruddin Hadjar dalam sambutannya berharap Expo ini dapat menjadi momentum untuk mewujudkan kondisi pembangunan hukum yang harus terus disosialisasikan.
"semoga banyak yang semakin kenal lebih dalam dengan peran Kemenkumham, ini juga sebagai bukti nyata bahwa negara melalui Kemenkumham hadir ditengah masyarakat", ujarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline