Lihat ke Halaman Asli

Lapa Magelang

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Magelang

Pamong/Wali Napiter Lapas Magelang Ikuti Rapat Sinergitas Pembahasan Format Ikrar NKRI

Diperbarui: 31 Mei 2023   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. tim humas

Magelang, INFO-PAS_ Para Pamong/Wali Narapidana Tindak Pidana Terorisme (Napiter) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Magelang mengikuti rapat pembahasan format Ikrar setia kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (31/5). Kegiatan yang dilakukan Ruang Rapat Lapas Magelang ini diikuti oleh Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm Kamtib) Dannu Priyanto, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Waskito Budi D, Kepala Subseksi Registrasi Jatmiko Nurbowo, serta para Pamong/Wali Napiter Lapas Magelang..
Pamong/Wali Napiter merupakan petugas pemasyarakatan yang memberikan pelayanan secara profesional kepada Napiter selama menjalani pidana di dalam Lapas.

Dok. tim humas

Dalam sambutannya, Plt Direktur Kemanan dan Ketertiban (Dirkamtib) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Erwedi Supriyatno berharap pembahasan draft Ikrar NKRI ini dapat diimplementasikan dan menjadikan Napiter benar-benar tulus dalam ber-Ikrar setia kepada NKRI..
Dalam kegiatan ini diikuti pula oleh Direktur Deradikaliasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ahmad Nurwakhid yang berharap bahwa ikrar setia NKRI menjadi momen para Napiter untuk keluar dari baiat Terorisme dan kembali ke pangkuan NKRI.
.
"Format ikrar setia ini dapat mencegah Napiter berpura-pura dalam melakukan ikrar sehingga setelah bebas Napiter masih belum benar-benar keluar dari pemahaman ekstremisme,"ujarnya.
.
Turut memberikan pendapat Dr. KH. M. Najih Arromadloni dari Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia yang menjelaskan bahwa sumpah merupakan hal yang sangat berat dalam ajaran Islam. Beliau memberikan penjelasan dalam sudut pandang Islam mengenai sumpah serta menekankan bahwa dalam Ikar setia kepada NKRI dicantumkan Pancasila, UUD 1945, serta Bhineka Tunggal Ika sudah selaras dengan syariat Islam.
.
Zoom ini diikuti pula oleh Densus 88/Anti Teror Polri dan seluruh UPT Pemasyarakatan yang menangani Napiter di seluruh Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline