Lihat ke Halaman Asli

Lapas Terbuka Kendal

Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan

Kalapas Terbuka Kendal Sampaikan Pentingnya Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Diperbarui: 1 Oktober 2022   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Lapas

Kendal -- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Kendal, Rusdedy memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang digelar di halaman Lapas Terbuka Kendal, Sabtu (01/10).

Kegiatan upacara diikuti oleh Pejabat Struktural Eselon IV, V dan jajaran pelaksana Lapas Terbuka Kendal. Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Terbuka Kendal, Darmono diberi amanah sebagai perwira upacara, sementara Kepala Sub Seksi Keamanan, Yuga Lesmana bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dok. Lapas

Secara historis, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 01 Oktober untuk mengenang tujuh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD) yang gugur karena penculikan dan pembantaian Gerakan 30 September 1965.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila, maknai dan pahami tema ini dengan baik," tegas Kalapas.

Rusdedy berharap jajaran ASN Lapas Terbuka Kendal untuk menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila. "Jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Dok. Lapas

Dalam melaksanakan pengabdian sebagai ASN, Rusdedy menyampaikan pesan kepada jajaran agar menerapkan prinsip-prinsip yang berpedoman pada Pancasila, seperti prinsip Ketuhanan, prinsip kemanusiaan hingga prinsip keadilan sosial.

Salah satu rangkaian kegiatan dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah pembacaan ikrar.  Melalui ikrar ini bertujuan untuk membangkitkan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur Pancasila sebagai sumber kekuatan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline