Lihat ke Halaman Asli

Lapak Gedongan Kel 9

Pelaku Usaha UMKM

UMKM Go Digital: Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Pemasaran Lapak Gedongan

Diperbarui: 9 Juni 2024   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber: Kelompok 9 KKN-T Lapak Gedongan

Di Kelurahan Manguharjo, Kota Madiun tepat nya berada di UMKM Lapak Gedongan telah dilakukan survei komprehensif terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat. Survei ini bertujuan untuk memahami kondisi aktual, tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Hasil survei menunjukkan pelaku UMKM tidak dapat menggunakan media sosial secara maksimal untuk media penjualan. 

Pelaku UMKM juga memiliki kesulitan dalam mengakses teknologi secara digital. Hambatan-hambatan tersebut mengakibatkan UMKM di Lapak Gedongan mengalami penurunan pengunjung, mengalami penurunan aksesibilitas pemasaran ke masyarakat serta berdampak minimnya masyarakat mengetahui adanya sebuah Taman, Lapak, serta UMKM yang hidup di daerah tersebut. 

Untuk itu kami sebagai Kelompok KKN-T Kelompok 9  mengakses UMKM agar ramai pengunjung dapat dan bersaing secara efektif di era digital, sehingga semakin membutuhkan adaptasi teknologi dalam berbagai aspek operasional bisnis.

Kelompok KKN-T Kelompok 9 telah melakukan survei pada UMKM Lapak Gedongan yang membutuhkan dukungan berupa pelatihan dan pendampingan khususnya pada strategi pemasaran. Banyak dari mereka yang kurang pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan usaha mereka. 

Pada tanggal 02 Juni 2024  KKN-T Kelompok 9 melakukan sosialisasi mengenai strategi pemasaran dengan memanfaatkan sosial media berupa media Instagram untuk menarik masyakat untuk berkunjung ke UMKM di Lapak Gedongan. KKN-T Kelompok 9 mensosialisasikan agar pelaku usaha UMKM di Lapak Gedongan dapat mengoperasikan Instagram agar bisa mengunggah video, foto, reels, maupun instagram story agar menarik minat masyarakat.

Pelaku UMKM di Lapak Gedongan optimis bahwa dengan adanya dukungan yang tepat dari KKN-T Kelompok 9 Universitas PGRI Madiun, mereka dapat mengatasi banyak tantangan yang ada. 

Mereka berharap dengan adanya program sosialisasi tersebut dapat membantu mereka meningkatkan daya beli dan minat masyarakat untuk dapat berkunjung di UMKM yang berletak di Lapak Gedongan. Dukungan ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya pelaku usaha UMKM Lapak Gedongan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline