Lihat ke Halaman Asli

La Ode Ikhsan Al Arifa

Menulis bentuk relaksasi diri🌻

Menjalankan Usaha Online Shop Walau Berstatus Pelajar

Diperbarui: 6 Desember 2021   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: mps soft

Shindiana Sudirman (20) asal kota Kendari, seorang mahasiswa PG PAUD di Universitas Halu Oleo yang menggeluti usaha online shop sejak masih duduk di bangku SMA. 

Usaha online shop memiliki banyak manfaat yaitu modalnya yang relatif kecil di mana bisnis online tidak perlu lagi menyiapkan tempat untuk menyimpan barang, tidak perlu repot menyediakan kantor administrasi, dan anda tidak perlu lagi memiliki toko penjualan, beda dengan menjual offline banyak memerlukan tempat dan juga modal yang besar. 

Keunggulan lainnya yaitu mudah di lakukan, di mana kebanyakan orang lebih memilih menjual secara online dari pada bisnis konvensional jawabannya ya memang karena mudah saja yang terpenting anda cukup terhubung dengan koneksi internet.

Shindiana Sudirman atau akrab di panggil Shindi meski ia seorang pelajar namun itu tidak menjadi halang ia untuk berbisnis sebab bisnis online shop ini tidak terikat dengan waktu karena kapanpun dan di manapun anda akan tetap bisa melayani pelanggan. 

Selain itu juga jangkauan konsumen jauh lebih luas karena jika anda berjualan offline anda hanya bisa menjangkau konsumen disekitarnya saja, berbeda dengan bisnis online ia dapat bisa menjangkau sampai di luar wilayah, di luar kota maupun luar provinsi.

Keuntungan yang di sajikan juga sangat memuaskan sebab dengan modal kuota internet anda bisa menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perbulannya sebab pemasaran yang lebih murah karena jika anda berjualan offline banyak yang harus anda lakukan untuk melakukan pemasaran dan juga modal yang banyak yaitu pemasangan iklan, pembuatan brosur, dan lainnya sedangkan bisnis online anda berjualan sekaligus mempromosikan produk dengan biaya yang sangat murah, tentunya dengan jangkauan yang tidak di batasi wilayah.

"Sebenarnya ini berawal dari kakaKu, kan kakaKu sudah ada kegiatannya yaitu berjualan online shop juga nah katanya ini ada barang kamu menjual saja online shop tidak usah lagi kamu ambil-ambil barang dan ini sekarang saya yang hendel akun online shop nya. Dan untuk penghasilan nya lumayan lah satu bulan itu minimal 600 RB itupun barangnya belum kejual semua" tutur Shindi (20) Sen,6 Desember 2021.

Sindi melancarkan bisnis online pada dua media yaitu Instagram dan Facebook di mana peluang kedua akun ini untuk menjangkau konsumen yang lebih luas itu sangat besar. Shindi dengan nama akun online shop di Instagramnya yaitu GIZAM SHOK BREKER KENDARI dan nama akun Facebook nya yaitu MIXSHOP KENDARI. Melalui kedua akun ini Sindi hanya perlu memosting barang dan menunggu pelanggan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline