Bank Central Asia mulai berkipral sejak tahun 1957. Selama enam dekade itu menurut Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA di Gedung Menara BCA, Jakarta, Rabu, (22/2). BCA pernah mengalami masa sulit maupun masa gemilang. Misalnya, tahun 1988 ada relaksasi peraturan perbankan yang mengakibatkan perubahan cara pembukaan cabang, dari yang dulunya susah menjadi sangat mudah.
Masa-masa suram, diakui Jahja terjadi pada tahun 1997 dan 1998. Saat itu kondisi politik pemerintahan kurang stabil. BCA sempat diguncang isu Pemilik lama BCA meninggal dunia sehingga terjadi rush atau penarikan dana secara bersama-sama namun dalam skala kecil.
Selanjutnya pada November 1997, ada 16 bank dilikuidasi karena tidak bisa perform dengan bagus. BCA diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Namun pada Oktober 1998 dana sudah mulai kembali. Bahkan pada tahun 1999 BCA mencatat laba yang merupakan pencapaian yang luar biasa. Mengingat dunia perbankan nasional baru saja diterpa gelombang krisis keuangan yang dahsyat.
Dalam rangka HUT ke 60, BCA memperkenalkan VIRA. Virtual Assistant Chat Banking BCA. Web chat yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer, yakni Facebook Messenger, LINE, dan Kaskus Chat.
VIRA menawarkan berbagai informasi seputar perbankan dan fasilitas BCA, seperti Informasi Produk, Kantor Cabang atau ATM terdekat, solusi perbankan, penawaran atau promosi seputar BCA kepada pengguna aplikasi chat BCA.
Cara menghubungi VIRA sangat mudah, cukup dengan menambah akun resmi BCA, yaitu: “Bank BCA”, di Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat, pengguna langsung dapat mengakses vira kapanpun dan dimanapun.
"Cara menggunakan VIRA mudah, cukup tambahkan akun resmi BCA langsung bisa chat," jelasnya Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA.
Lebih lanjut, Jahja berjanji akan terus mengembangkan dan memperbaiki Layanan BCA dalam bentuk aplikasi. "Sebagai bank yang sudah berumur 60 tahun, BCA tidak pernah berhenti untuk terus belajar, demi menjadi bank yang lebih baik. Layanan aplikasi ke depannya akan terus dikembangkan".
Layanan Halo BCA yang sebelumnya diakses lewat telepon, email, dan twitter. Sekarang dikembangkan dengan layanan Halo BCA Chat. Dengan mengakses chat widget di situs web www.bca.co.id, nasabah memperoleh informasi seputar perbankan dan fasilitas BCA. Seperti Informasi Produk, Kantor Cabang atau ATM terdekat, solusi perbankan, penawaran atau promosi.
Pada perayaan ke 60 tahun ini, BCA juga memperkenalkan wajah baru dari Paspor BCA yang dilengkapi teknologi chip sesuai dengan standar nasional Indonesia. Serta meluncurkan eBranch, layanan dalam bentuk aplikasi perbankan eletronik yang melakukan simplikasi layanan perbankan menjadi cepat dan nyaman dengan penggunaan mobile form serta reservasi di cabang-cabang tertentu.
Selamat ulang Tahun BCA dan selamat datang VIRA.*