Lihat ke Halaman Asli

Jelajah Anak Alam Gunung Tugel Purwokerto

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Morning :) Minggu pagi, 29 September 2013. Cerah sekali pagi ini. Secerah hatiku yang mau ketemu sama anak-anak Gunung Tugel <3 alhamdulillah. pagi ini kita punya kegiatan seruu !

Jelajah Alam Anak Gunung Tugel

Kita menjelajah alam sekitar TPA Sampah Gunung Tugel. Beberapa bulan lalu, kita sempat diajak anak-anak buat menjelajah area TPA. It's wow! kaya hidden treasure gitu. Alamnya keren banget. Didukung wilayahnya yang emang ada di perbukitan, seolah TPA ini ada di tengah-tengahnya. Sejauh mata memandang, hijaaaau :) Okey. Apakah yang akhirnya kita lakukan di Happy Sunday Morning kali ini? *siap-siap ngiri yah. :) Pagi itu, 22 anak anggota sanggar belajar udah bersiap kumpul di rumah Putri jam 07.30. *di undangan jam 07.30, tapi katanya udah ada yang dateng dari 06.45 ! hebat. Mbak-mas malah baru dateng jam 08.00. Hehe, *jangan dicontoh ya adik-adik. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok. *biar nantinya bisa menang semua juara I, II dan III. Nama kelompok ditentukan oleh tim anak-anak sendiri pake nama buah. Tadinya mau pake nama latin, tapi #toeng-toeng banget yak buat anak kelas 1 kaya Alwi. hehe. Ini dia timnya: Tim Leci : Syafiq, Anggi, Hendi, Vina, Yuli, dan Sofi. (Pendamping : Mas Galang) Tim Stroberi :

Gian, Putri, Verlin, Endah, Dini, Intan, Gesang (Pendamping : Intan) Tim Apel :

Alwi, Indra, Uci, Ika, Fera, Elsa (Pendamping : Igor) Yap. Ketiga tim ini kita tantang untuk menjalankan misi sebagai Petualang Alam. Hohoo. Sebelumnya, mereka harus bikin yel-yel. Super kece deh yelnya. Mulai dari Garuda di Dadaku jadi "Apel di dadaku", terus lagu aselole *lupa judulnya dijadiin yel juga lengkap dengan ~asik-asik jos nya!, ada juga yel super ekspresif kelompok leci (-virus dari kakak pendampingnya) POS Kerjasama

Anak-anak ditantang buat mindahin air dari ember. Alat yang mereka punya cuma gelas air mineral sama tali rafia. Ayo kerjasama yang kompak yaa.. tetep sportif juga :))

POS Cerdas Tangkas

Nah ! di pos ini, sebelum ke area pecah balon, anak-anak harus nyeberangin sungai yang luaas banget *boong-boongan. Hehe. Mereka harus lompat dari satu daun ke daun lain untuk sampai ke pulau balon.

Trereng.. sampailah di pulau balon. Tugas mereka, mecahin 5 balon yang masing-masing berisi uang tunai *eehh maksudnya soal pengetahuan. Misalnya :

- Sebutkan 2 makanan khas Banyumas !

- Sebutkan 3 pahlawan Nasional ! - Sebutkan buah yang mengandung vitamin C !

Pos Karya Alam

Spesial banget di pos ini.

Anak-anak ditantang nyelesein dua misi.

1. Mengumpulkan 10 macam daun yang ada di sekitarnya.

Ditempel di kertas dan diberi nama daunnya.

*bagian ini, semua keren. seluruh tim berhasil ngumpulin masing-masing 10 macem daun. Mulai dari daun jati (potongannya aja, biar ngga penuh se kertas HVS. hehe), ada juga daun kelor, alang-alang, bayam, cabai, rambutan, dan masih banyaak lagi. 2. Membuat 2 bait puisi bertema 'Petani' dan dihias pake pensil warna/crayon

Mereka dengan lancar nulis puisi dengan segenap tumpah darah jiwa raga dan cucuran keringat *mulai kepanasan. Puisinya bagus-bagus. Dan semua berterima kasih sama Pak Tani yang besar sekali jasanya membuat perut-perut ini tidak keroncongan. Semua hasil puisi dibacakan ke  teman-teman :))

Big thanks and hug buat Igor, Nunu, Siwi, Ugan, Ai, Ciska, Hana, Intan, Soleh, dan Mas Galang. Aku tanpa kalian butiran debu :))

Semua anak bisa jadi luar biasa dengan teman bermain (kakak, orang tua, guru) dan alat edukasi (mainan, buku, kegiatan) yang mendukung

~Terus sebarkan semangat positif -salam dari Gunung Tugel-~




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline