Lihat ke Halaman Asli

Denting Di Lantai Surga

Diperbarui: 21 Maret 2016   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Suara itu selalu terdengar manakala kesunyian datang dan malam menyelipkan mimpi indah atau pada doa yang hampir berakhir. Bagi pikiran serius berdialog dengan hati, suara itu selalu terdengar seketuk dua ketuk menggeseki telinga menggodai niat untuk urung ketika perjalanan hampir mencapai penghujung batas. Terdengar serupa langkah, tak pernah berbekas saat malam berganti pagi dan suara itu pergi dengan sendirinya.


Selalu di kala kekhusukan berusaha menyisiri jalan, di bawah temerawang sinar rembulan bersila di atas lempengan batu hitam di tengah telaga, hening memanggut rasa dan jernih membasuh mata batin. Adalah bisik malaikat sambil mengepak-kepakan sayap menghamburkan butiran-butiran rahmat sebagaimana pesan langit yang harus disampaikan. Suara itu akan kembali terdengar meng-ngrasaki pikiran membuyarkan semua, telah tertata rapi di dinding hati. 


Tiba-tiba barisan pasukan berkuda muncul dihadapan, mengenakan jubah hitam dan mereka terlihat gagah namun jauh dari kesan angker, sorot mata teduh kata-katanya berat penuh wibawa.


Siapa kamu dan mau ke mana?
Siapa kamu dan mau ke mana?
Siapa kamu dan mau ke mana?
Tanyanya berulang tiga kali kemudian berlalu tanpa menunggu jawaban. Angin menyapu-nyapu gurun, debu pasir berterbangan dan terik matahari mencabik-cabik tubuh.
Di mana aku ini, apa yang terjadi, apa yang terjadi padakuuu....!!


Aku berteriak. Seketika angin berhenti berlari, pasir diam tak berhamburan, menyisakan hanya aku seorang berdiri terpaku tanpa siapa-siapa. Sementara, gambaran-gambaran itu terlintas silih berganti, tanpa mengerti makna dan dari mana asal.


Di depan telah membentang jalan sempit nan panjang, ujung sahara pun menghilang. Jalan apa ini, mengapa telihat seperti jembatan layang membelah lautan lahar di puncak merapi?


Mana suara itu, mana suara yang beberapa hari ini selalu terdengar ketika aku telah melaju jauh mengarungi belantara keterasingan. Kenapa terasa ada yang menusuk-nusuk punggung, memaksaku berjalan melewati jembatan ini. Aku ngeri memulai langkah karena banyak orang terpeleset jatuh ke dalam lautan lahar, kemertak dan ledakan tulang terbakar serta tubuh-tubuh segera lenyap termakan bara. 


Ini dia suara itu datang juga, aku memasang telinga sepenuh seksama memakainya sebagai pemandu langkah satu demi satu dengan kepala tertunduk tak berani memalingkan arah pandangan, hanya tertunduk dan terus berjalan. Badan serasa mendidih, peluh bercucuran, panas bukan kepalang.


Akhirnya aku berhasil melintasi jembatan, sebuah gerbang besar berdiri kokoh di depan, pancaran cahaya menembus sela-sela. Cahaya apa di dalam sana, kenapa terlihat benderang, bagaimana aku bisa membuka. Untuk beberapa saat, aku terdiam tak tahu harus berbuat apa, namun tiba-tiba gerbang raksasa itu membuka. 


Tak dapat dilukiskan dengan kata-kata, sungguh keindahan tiada bandingan, luar biasa. Tempat apa ini, betapa menakjudkan, sebuah istana megah nan indah dengan lantai-dinding-tiang serta semua interior berlapiskan mutiara jamrut mutu manikam dan taman-taman penuh bunga elok menawan. Semua belum pernah aku lihat sebelumnya.


Ada makhluk-makhluk serupa manusia namun bersayap di setiap sudut tempat, apakah itu para penjaga istana?
Hai manusia, kembalilah, belum waktunya kamu berada di sini!
Hai manusia, kembalilah, belum waktunya kamu berada di sini!
Hai manusia, kembalilah, belum waktunya kamu berada di sini!
###
“Bagaimana dok, kondisi ayah saya, kenapa sudah tujuh belas hari ini koma, belum sadar juga. Tolonglah dok, selamatkan nyawa ayah saya, karena hanya dia tinggal satu-satunya, tolonglah bagaimana caranya dan berapapun biaya tidak masalah,” Rasti memohon sangat Dokter Bram dapat mengembalikan kesadaran Werdana ayahnya.
 Bagi Rasti, setelah kecelakaan maut merenggut nyawa mama dan kakaknya, sekarang ini yang terpenting adalah bagaimana menyelamatkan ayahnya, sampai kapanpun selagi dokter bilang tanda-tanda kehidupan masih ada, ia tetap akan menunggui sampai sadar kembali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline