Lihat ke Halaman Asli

Batak Nauli "Laklak Batak dan Isinya"

Diperbarui: 21 Januari 2019   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ket. Gambar: Pustaha Laklak Batak yg ditemukan sudah kumuh.

BAGIAN III
Pustaha Laklak Batak atau dalam artian Surat Pustaka Batak ini memiliki banyak macam isian yg, dimana dituliskan dengan aksara batak (sudah dibahas sebelumnya bagian I, II), berikut ini adalah isi yg ada pada pustaha batak pada umumnya

1. Kitab Pengobatan

Kitab ini berisi bagaimana manusia agar sehat selalu, dan bagi orang sakit menjadi sembuh, bagaimana agar dekat dengan Tuhan dan bagaimana melaksanakan budaya ritual agar manusia itu sehat. Dalam kehidupan orang batak segala sesuatunya termasuk mengenai pengobatan selalu seiring dengan budaya ritual dan barang pusaka peninggalan leluhur jaman dahulu untuk mengetahui bagaimana cara mendekatkan diri pada sang pencipta agar manusia tetap sehat dan jauh dari mara bahaya.

2. Kitab Ramalan

Kita ini berisi tentang pemenggalan hari, bulan, tahun Dan berisi tentang prediksi atau ramalan terhadap sesuatu baik itu Ramalan tentang kehidupan, Ramalan Alam raya dsb. Dengan dilengkapi beberapa nama hari Dan gambaran ornamen untuk melengkapi arti & pengertian Isi kitab tsb. 

3. Kitab tentang kepercayaan

Sama halnya dengan kitab pengobatan berisi tentang petunjuk, namun dalan kitab ini berisi lebih rinci lagi tentang bagaimana cara menjalankan, mengamalkan, Dan atau apa saja yg menjadi subang bahasa batak yg berarti pantangan serta anjuran dalam menjalankan kepercayaan. 

4. Kitab Padan

Kitan padan atau kitab perjanjian sebuah kitab yg berisi dari sebuah tulisan kehidupan dan pesan untuk atau kelompok orang batak pada zaman dulu. Dimana kitab ini membahas apa yg terjadi pada kehidupan yg lampau, kehidupan yg harus dilakukan untuk hari depan, dan atau larangan menjalankan kehidupan. Kitab ini juga sebagai tanda dari sebuah ikatan yg dituliskan Untuk orang atau kelompok tertentu dan beberapa isinya semacam kutukan jika melanggar larangan dari padan atau janji dalam kitab tsb(biasa disebut sumpah & kutukan) 

5. Kitab silsilah

Kitab silsilah atau dalam sebutan bahasa batak disebut tarombo adalah sebuah kitab yg mirip dengan kitab padan namun lebih menuliskan tentang sebuah perkenalan sebuah keluarga yg turun temurun umumnya sebagian kitab ini diturunkan untuk anak cucu agar mengetahui bagaimana silsilah keluarga. Kitab ini biasanya di beberapa keluarga batak masih membuat atau memilikinya di rumah masing-masing keluarganya. Seiring berkembangnya zaman kitab ini sudah banyak memiliki perubahan baik media penggunaannya atau tampilannya.

BERSAMBUNG...  (Ke Bagian IV)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline