Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Ecoprint KKN 59 Kolaborasi PTKIN Nusantara Uin Gusdur kelompok 6 Desa Pagelaran

Diperbarui: 23 Agustus 2024   15:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemalang- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi PTKIN Kelompok 6 di Desa Pagelaran tahun 2024 telah melaksanakan salah satu program kerja yaitu Ecoprint di SD Negeri 1 Pagelaran Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (20/08/2024) 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 20 Agustus 2024 jam 09.00-11.00, acara diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yakni sesi pemateri yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa KKN yaitu saduari Risma Khairu Nissa dan Nurul Hikmah. 

Materi yang disampaikan mengenai pengertian ecoprint, tujuan kegiatan ecoprint, manfaat ecoprint, alat dan bahan ecoprint, kemudian yang terakhir prosedur 

pembuatan ecoprint.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah mendorong kreativitas dan inovasi kerajinan tangan siswa dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada supaya menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual. Produk ecoprint ini juga sangat ramah lingkungan dan tidak berbahaya karena tidak menggunakan bahan kimia jadi aman untuk berbagai kalangan. Menumbuhkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekitar, bahwa banyak bahan yang dapat memanfaatkan di sekitar kita untuk dijadikan sebuah produk. 

Diharapkan kegiatan ini dapat membantu membentuk karakter siswa yang lebih peduli, bertanggung jawab, dan inovatif. Dengan melibatkan siswa dalam proyek nyata, mereka dapat memahami konsep-konsep pembelajaran dengan lebih baik dan relevan. Kegiatan ini dapat mendorong siswa untuk peduli terhadap isu-isu sosial dan lingkungan, serta berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan. Diharapkan siswa akan belajar bekerja sama dalam kelompok, berbagi ide, dan saling mendukung dalam menciptakan karya bersama. Melalui kegiatan ini, siswa dapat belajar keterampilan baru, seperti teknik cetak, pengolahan bahan alami, dan seni tekstil.Kegiatan ecoprint dapat memicu kreativitas siswa dalam menciptakan karya seni yang unik dan menarik, menggunakan bahan-bahan alami. Diharapkan siswa dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga kelestarian alam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline