Lihat ke Halaman Asli

Spacetop G1 Menjadi Laptop AR Pertama yang Menggunakan Kacamata AR

Diperbarui: 8 Juni 2024   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar ilustrasi orang menggunakan latop AR (foto: msn.com)

Spacetop G1 dari perusahaan Sightful adalah laptop AR tanpa layar pertama di dunia yang dilengkapi dengan sepasang kacamata AR (Augmented Reality) yang memungkinkan pengguna menempatkan aplikasi di ruang virtual, menurut informasi ruang virtual ini bisa mencapai 100 inci jadi sangat luas bila dibandingkan layar laptop yang pada umumnya hanya memiliki ukuran rata-rata 14 inci.


Baru-baru ini Sightful baru saja memperkenalkan produk terbarunya di pasar laptop dengan desain unik, Spacetop G1 yang dibanderol dengan harga $1.900 USD atau sekitar 31 jutaan rupiah. Spacetop G1 ini menggunakan kacamata augmented reality (AR) untuk menampilkan informasi layaknya layar monitor laptop pada umumnya. Setelah hampir tiga tahun dikembangkan oleh para ahli dari berbagai perusahaan raksasa teknologi seperti Apple, Microsoft, dan Magic Leap, akhirnya Spacetop G1 siap diluncurkan kepasaran pada Oktober 2024.

Laptop AR ini memiliki bodi bagian bawah yang elegan dengan jumlah keyboard 79 tombol dan touchpad multi-touch, serta dilengkapi dengan dua port USB-C. Keistimewaan dari Spacetop G1 ini adalah tidak adanya layar fisik seperti laptop pada umumnya, jadi tempat dudukan monitor menjadi tempat untuk meletakkan kacamata AR bisa dilihat pada gambar diatas. 

Kacamata ini memiliki dua layar OLED dengan kecepatan refresh 1920 x 1080, 90Hz, yang dapat menciptakan ruang kerja virtual dengan lebar layar hingga 100 inci. Kelemahan dari monitor AR ini adalah saat kita bekerja di area bidang pandang yang miring sekitar 50 derajat, pengguna harus menggerakkan kepala untuk melihat seluruh bagian layar virtual. Bisa kita gambarkan seperti kita ingin memfoto pemandangan menggunakan mode panorama dari smartphone kita, dimana kita harus menggeser ke kiri dan ke kanan untuk memperluas objek foto kita.

Perusahaan Sightful percaya bahwa ruang kerja AR ini bisa dikatakan hampir tak terbatas luasnya, apalagi jika dipadukan dengan sistem operasi luar angkasa SpaceOS (berbasis ChromeOS). Dimana pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas bekerja di alam virtual. 

Spacetop G1 ini dibekali chip Snapdragon 8cx Gen 3, GPU Adreno 740, dan NPU Hexagon, yang dapat memberikan kemampuan dalam pemrosesan AI hingga 48 TOPS. Spacetop G1 ini juga dilengkapi RAM 16GB dan memori penyimpanan SSD 128GB, pengguna juga dapat melakukan upgrade RAM maupun SSD.

Daya tahan baterai Spacetop ini bisa mencapai 8 jam saat digunakan, disamping itu Spacetop G1 ini juga medukung pengisian cepat 63W, dan yang lebih mengesankan dibandingkan produk berbasis ARM lainnya. Komputer ini juga memiliki kamera webcam 5MP untuk panggilan video dan telah disempurnakan dengan bodi magnesium alloy yang sangat kokoh, Spacetop G1 juga menjamin keamanan kacamata AR selama bekerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline