Lihat ke Halaman Asli

Salah Ambil Keputusan, Wasit V-League Dijatuhi Sanksi

Diperbarui: 29 Oktober 2022   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wasit Tran Ngoc Nho beri kartu kuning kepemain Binh Dinh dan memberikan pinalti ke HAGL (28/10) | (foto: tuoitre.vn)

Ketua Dewan Wasit Vietnam "Duong Van Hien" mengakui bahwa wasit Tran Ngoc Nho telah melakukan kesalahan fatal ketika ia menghadiahi penalti kepada tim tuan rumah Hoang Anh Gia Lai (HAGL) di injury time 90+4' babak kedua.

Dengan demikian HAGL berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat titik pinalti dimenit 90+4 lewat pemain bernomor punggung 17 "Vu Van Thanh".

Kejadian ini saat HAGL menjamu Binh Dinh di stadion Pleiku dalam lanjutan V-League 2022. Pertandingan sempat ricuh karena para pemain tim Binh Dinh langsung mengepung wasit Tran Ngoc Nho untuk mendapatkan kejelasan.

Karena pemain Binh Dinh merasa tidak melakukan pelanggaran sedikitpun dimenit 90+4, ini merupakan kerugian besar bagi Binh Dinh yang dimana kemenangan mutlak sudah di depan mata.

Hasil imbang ini jelas merugikan Binh Dinh yang masih bertengger di posisi ketiga klasemen sementara, yang dimana poin mereka semakin jarak dengan pemuncak klasemen Hai Phong dengan selisih 4 poin dan selisih 3 poin dari FC Hanoi di posisi kedua.

Tidak puas dengan keputusan wasit Tran Ngoc Nho, klub pun menyurati dewan wasit dan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Juru bicara Binh Dinh mengatakan, jika mereka telah meninjau video rekaman di balik gawang.

Dan hasilnya jelas bahwa pemain Binh Dinh tidak melakukan pelanggaran terhadap pemain HAGL Tran Minh Vuong, wasit telah melakukan kesalahan fatal saat memberikan meniup pluitnya di kotak penalti.

Laporan dari Binh Dinh pun telah ditindaklanjuti oleh Dewan Wasit Vietnam pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022. Dan telah menyatakan jika itu adalah murni kesalahan wasit, mereka juga telah memberikan sanksi internal kepada wasit Tran Ngoc Nho agar lebih teliti dalam mengambil keputusan frusial.

Sejauh ini Komite Dewan Wasit tidak memaparkan sanksi internal yang mereka berikan, namun hal seperti ini bisa saja terjadi lagi karena tidak adanya fasilitas pendukung seperti  Video Assistant Referee atau VAR.

Pemain Binh Dinh memang melakukan gerakan untuk mengeluarkan kakinya tetapi tidak menyentuh Tran Minh Vuong, pemain HAGL tersebut justru terjatuh sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline