Lihat ke Halaman Asli

Dinh The Nam Cetak Rekor Baru Vietnam U-23 Menjadi Jawara Piala AFF 2022 Tanpa Kebobolan

Diperbarui: 27 Februari 2022   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatih Vietnam U-23 Dinh The Nam | (aaet: suara.com)

Vietnam U-23 berhasil mencatatkan sejarah baru dengan pencapaian yang belum pernah dicapai timnas junior Vietnam, setelah mengalahkan rival terberatnya Thailand U-23 di partai final dengan skor tipis 0-1 membuat Vietnam U-23 dinobatkan sebagai juara Asia Tenggara kategori U-23 di tahun 2022.

Secara khusus Vietnam U-23 telah mempermalukan Thailand U-23 dua kali di turnamen ini, dimaa saat babak penyisihan grup Thailand pun harus tunduk dari Vietnam dengan skor tipis 1-0 juga.

Dengan demikian Vietnam berhasil balas dendam dengan Thailand, dimana saat piala AFF 2020 Vietnam dikalahkan Thailand di babak semifinal dengan agregat 2-0.

Gol Vietnam tercipta dari Bao Toan, dengan permainan yang cukup impresif berhasil membuat namanya tercatat dalam sejarah piala AFF.

Dengan demikian, kemenangan 1-0 atas Thailand U23, membuat Vietnam U23 memenangkan kejuaraan piala AFF U-23 2022 tanpa ada kebobolan satu gol pun. Dari 4 kemenangan Vietnam berhasil mengoleksi 9 gol. 

Disamping itu pelatih timnas Vietnam U-23 "Dinh The Nam" pun mengikuti jejak pelatih timnas putri Vietnam "Mai Dung Chung" yang berhasil mencatatkan sejarah baru bagi sepak bola Vietnam.

Piala AFF U-23 ini pertama kali diadakan pada 2005, dan saat itu Thailand U-23 dinobatkan sebagai juara pertamanya. Prestasi Thailand juga belum terpatahkan hingga saat ini dimana Thailand berhasil mengoleksi 25 gol sepanjang turnamen namun sayangnya Thailand harus kebobolan 2 gol.

Dalam artian, Vietnam U-23 lah yang mencatatkan namanya di buku sejarah AFF U-23 sebagai tim yang tidak pernah kebobolan di turnamen ini.

Selanjutnya juara AFF U-23 2019 di sabet Indonesia U23, dimana timnas Garuda hanya mampu mencetak 8 gol dan kebobolan 4 kali. Berbeda jauh dengan Thailand yang mengoleksi 25 gol.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) sangat mengapresiasi kinerja pelatih Dinh The Nam yang berhasil membawa Vietnam U-23 juara piala AFF U-23 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline